Share

Pentingnya Melestarikan Mangrove untuk Memelihara Ekosistem Lingkungan Hidup

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 612 2640081 pentingnya-melestarikan-mangrove-untuk-memelihara-ekosistem-lingkungan-hidup-J8nFNawMhc.jpg Pentingnya memelihara mangrove (Foto: ist)

MANGROVE harus terus dipelihara kelestariannya demi kelestarian lingkungan hidup. Oleh karena itu baik pemerintah, masyarakat, maupun swasta perlu bekerja sama memelihara mangrove.

Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono Prawiraatmadja berharap masyarakat semakin peduli memelihara ekosistem mangrove. Apalagi mangrove sangat berguna dalam memelihara ekosistem lingkungan hidup.

"Semoga pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ekosistem mangrove semakin meningkat," kata Kepala BRGM seperti dikutip dari Antara.

 mangrove

Apalagi ekosistem hutan mangrove telah terbentuk dan memiliki dampak lingkungan yang cukup penting. Saat terjadinya anomali gelombang pasang pada Juni 2022 lalu, keberadaan hutan mangrove dapat meminimalisir dampak kerusakan parah dan menahan terjangan banjir rob di wilayah sekitarnya.

Sementara itu, Takumi Takahashi selaku Presiden Direktur PT JCB International Indonesia menjelaskan, proyek konservasi mangrove dimulai dari penanaman bibit pohon mangrove di Desa Tunggulsari, Jawa Tengah.

"Kami senang penanaman mangrove dilakukan secara konsisten bersama OISCA setiap tahun. Ini menunjukan perkembangan yang baik,” ujar Takumi Takahashi.

Ia melanjutkan, ini merupakan pencapaian besar yang mengarah pada terciptanya masyarakat untuk pengelolaan hutan dan peningkatan kehidupan masyarakat lokal dengan menjadi tujuan wisata mangrove. "Kami juga berharap bahwa program ini akan berkontribusi pada pembangunan berkesinambungan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan untuk generasi mendatang terutama terkait dengan SDGs (Sustainable Development Goals)."

 BACA JUGA:Seruput Sirup Buah Mangrove, Rasa Manis Serupa Wine

“Semoga program ini dapat menumbuhkan inisiatif warga sekitar untuk melestarikan dan melindungi hutan mangrove yang telah dibangun bersama dan jadi media edukasi generasi muda untuk mencintai lingkungan dan melestarikan mangrove di Indonesia," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini