Share

Fakta Unik Bayi Suka Mengangkat Kakinya ke Atas, Moms Perhatikan Ya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 612 2640167 fakta-unik-bayi-suka-mengangkat-kakinya-ke-atas-moms-perhatikan-ya-eCiVh1qHYU.jpg Bayi Suka Mengangkat Kakinya. (Foto: Shutterstock)

ADA fakta unik bayi suka mengangkat kakinya ke atas ketika sedang berbaring. Hal ini merupakan salah satu tanda perkembangan buah hati Anda loh.

Memang, melihat perkembangan bayi Anda sejak masih begitu kecil tentu menjadi pengalaman yang luar biasa. Anda akan menyadari perubahan demi perubahan yang terjadi pada si kecil.

Seperti kebiasaan-kebiasaan yang menggemaskan. Contohnya mengangkat kakinya ke atas tinggi-tinggi. Lantas, apakah fakta unik bayi suka mengangkat kakinya ke atas? Simak penjelasan berikut.

Karena bertumpu pada punggung

Bayi yang baru lahir tentu memiliki gerakan yang terbatas. Itu karena mereka masih lemah dan hanya bertumpu pada punggungnya. Sehingga mereka sering menggerakan lengan dan kakinya ke atas atau pun ke bawah.

Bayi mengangkat kaki

"Bayi baru lahir yang sehat bertumpu pada punggungnya akan memiliki kecenderungan untuk membawa lengan dan kakinya ke arah tubuhnya, dengan pinggul ditekuk untuk membawa kaki ke atas perut,” jelas Courtney Jane Wusthoff, MD, MS, direktur dari LPCH NeuriNICU, Palo Alto, California seperti dilansir dari parents.

Sebuah Milestone

Seiring berjalannya waktu, otot-otot pada bayi akan semakin kuat. Dilansir dari laman Kid’s Health, bayi yang suka menaikan kakinya merupakan sebuah milestone atau tanda persiapan untuk berguling, tengkurap, dan juga duduk pada usia 4-6 bulan.

Tujuan bayi-bayi melakukan gerakan tersebut adalah agar otot kakinya semakin kuat. Justru Anda harus waspada jika bayi Anda tidak mengangkat kakinya di usia 3 bulan sampai 6 bulan. Karena bisa jadi kondisi tersebut adalah tanda dari hipotiroid kongential.

Merasa nyaman dan sebagai pengalaman sensorik

Selain dua fakta di atas, bayi yang menaikkan kakinya ke atas bahkan sampai jari kakinya dimakan sendiri adalah sebuah tanda jika mereka merasa nyaman.

Terlepas dari hal tersebut, mengangkat kaki pada bayi membantu mereka untuk mengoordinasikan kedua tangan dan kakinya. Ini juga memberikan pengalaman sensorik pada indera peraba ketika bayi sampai menaruh kaki atau tangannya di mulut. Dari sini, bayi Anda akan belajar bagaimana rasa kaki yang masuk ke mulut dan merasakan bibir dan lidah yang menjelajahi jari-jari kaki.

Pada intinya, bayi yang mengangkat kakinya ke atas merupakan sebuah hal normal dan penting dilakukan agar otot kaki menjadi kuat. Namun, Anda perlu waspada jika bayi mengangkat kaki ke atas namun menangis atau rewel. Bisa jadi itu adalah tanda jika bayi Anda merasa tidak nyaman atau ada sesuatu yang salah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini