Share

4 Jenis Jajanan Tradisional yang Rendah Kalori, Pas untuk Si Doyan Ngemil

Melati Septyana Pratiwi, MNC Portal · Selasa 02 Agustus 2022 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 298 2640680 4-jenis-jajanan-tradisional-yang-rendah-kalori-pas-untuk-si-doyan-ngemil-9JOlRSZzuJ.JPG 4 Jenis Jajanan Tradisional yang Rendah Kalori, (Foto: Instagram @sekolahbaking)

4 Jenis Jajanan Tradisional yang Rendah Kalori, penting untuk diketahui bagi yang hobi mengemil dan menyukai aneka kue khas Indonesia.

Berbagai jajanan tradisional Indonesia, yang mudah didapatkan di pasar, toko kue, toko roti, restoran hingga kedai kopi ini memang biasanya hadir dengan bentuknya yang unik, disertai cita rasa lezat menggugah selera. Tak heran selalu menjadi incaran para pemburu camilan.

Sayangnya, banyak jajanan tradisional yang memiliki kalori cukup tinggi. Mengingat bahan-bahan yang digunakan sampai proses pengolahannya.

Namun tak perlu cemas, tetap masih ada kok beberapa jajanan tradisional pasar yang memiliki kalori relatif rendah. Menghimpun dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022) berikut empat jenis jajanan tradisional yang rendah kalori.

1. Kue ku (kue tok): Kalori dalam satu potong kue tok berkisar 107 kkal, kue berwarna merah merona berbentuk cangkang kura-kura ini memiliki rasa isian yang manis berpadu tekstur kenyal. Mengutip Wellness Academy, kue tok punya nilai gizi cukup lengkap, di dalamnya ada protein nabati, karbohidrat dan juga serat lantaran terbuat dari tepung beras ketan atau ubi jalar dan kacang hijau.

2. Hunkwe mutiara: Siapa tak pernah menjumpai Hunkwe Mutiara? bentuknya yang cantik dan rasanya lembut serta manis di mulut. Hunkwe Mutiara disebutkan mengandung kalori sekitar 85 Kkal. Selain itu, kue manis ini juga mengandung banyak protein nabati yang berasal dari pati kacang hijau yang tinggi serat dan protein sehingga cocok untuk mengganjal perut.


(4 Jenis Jajanan Tradisional yang Rendah Kalori, Foto: Instagram @sweetlikeyoubali)

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

3. Lemper ayam: Rasa ketan yang gurih berpadu dengan cincangan ayam agak manis selalu sukses memanjakan lidah. Dilansir dari Wellness Academy, satu porsi lemper ayam hanya memiliki 133 kkal. Pas nih untuk Anda yang suka ngemil tapi sedang berdiet.

 

(4 Jenis Jajanan Tradisional yang Rendah Kalori, Foto: Instagram @lanikarassoan)


4. Semar mendem: Ketan gurih berpadu suwiran daging maupun abon dan dibalut oleh dadar telur, itu lah jajanan pasar bernama semar mendem. Selain kandungan protein yang tinggi, kalori dari satu buah semar mendem hanya berkisar 154 kkal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini