Share

5 Camilan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Sudah Dibuktikan Penelitian!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 298 2640787 5-camilan-yang-aman-untuk-penderita-diabetes-sudah-dibuktikan-penelitian-krmgmUETU3.jpeg Camilan sehat untuk penderita diabetes (Foto:

PENDERITA diabates wajib menjaga pola makan agar kadar gula darah tetap terkontrol. Namun, bukan berarti mereka tidak boleh ngemil lho. 

Ada camilan yang aman dimakan penderita diabetes, kok. Ya, camilan sehat untuk penderita diabetes bahkan sudah bisa ditemukan di banyak supermarket ataupun store yang memang hanya menjual makanan sehat. Tapi, jika Anda tidak punya akses ke tempat seperti itu, ada camilan sehat lain yang bisa diandalkan.

Menurut laman Healthline, kunci memilih camilan untuk penderita diabetes adalah tinggi serat, protein dan lemak sehat. Nutrisi tersebut akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

So, apa saja camilan yang aman dimakan penderita diabetes?

1. Telur rebus

Telur Rebus

Telur rebus adalah camilan super yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Kandungan protein telur rebus itu 6 gram dan berguna menjaga kadar gula darah tidak naik.

Penelitian membuktikan bahwa rajin makan 2 telur rebus setiap hari selama 12 minggu mampu menurunkan kadar gula darah puasa yang signifikan.

BACA JUGA : Kalori Telur Rebus, Pas Jadi Menu Diet Menurunkan Berat Badan

2. Alpukat

Alpukat

Ngemil alpukat juga bisa jadi pilihan tepat bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki alpukat menjadikannya makanan ramah diabetes.

Satu studi menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang menambahkan alpukat ke makanan mereka secara teratur mengalami peningkatan HDL di dalam darah. Konsumsi alpukat bisa langsung atau membuatnya jadi jus.

BACA JUGA : 3 Menu Alpukat yang Bisa Anda Coba, Apa Saja?

3. Irisan apel dan selai kacang

Camilan lain yang dianggap aman untuk penderita diabetes adalah irisan apel ditambahkan selai kacang. Camilan ini tak hanya lezat tapi juga sehat dan cocok untuk penderita diabetes.

Apel kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin C, dan potasium. Sementara itu selai kacang menyediakan sejumlah vitamin E, magnesium, dan mangan, yang mana semua itu membantu mengelola diabetes.

4. Buncis panggang

Camilan penderita diabetes itu memang sesuatu yang sehat. Anda jangan berharap sampai di poin ini Anda menemukan camilan seperti snack ringan atau es krim.

Buncis panggang adalah jenis camilan sehat lainnya yang bisa dijajal penderita diabetes. Pada 164 gram buncis, terkandung 15 gram protein dan 13 gram serat.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buncis secara teratur dapat berperan mencegah diabetes semakin buruk, karena kandungan gizinya yang baik mengelola kadar gula darah.

5. Kacang edamame

Penderita diabetes boleh nyemil edamame. Kacang-kacangan ini mengandung 17 gram protein dan 8 gram serat per 155 gramnya. Fakta studi menunjukkan bahwa edamame dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Studi dilakukan pada hewan.

Tak hanya itu, edamame juga diketahui dapat meningkatkan resistensi insulin yang berkaitan erat dengan kondisi kesehatan penderita diabetes.

So, itu dia 5 camilan yang aman dimakan penderita diabetes. Ingat, makannya tetap dalam porsi normal, karena apapun yang berlebihan tidak akan baik untuk tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini