Share

Bukan Asal Oles, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Benar!

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 611 2640517 bukan-asal-oles-begini-cara-pakai-tabir-surya-yang-benar-dhfW2SU2Fo.jpeg Cara pakai tabir surya (Foto: Timesofindia)

RUTIN memakai tabir surya atau sunscreen sangat penting, terutama untuk menghalau sinar matahari. Karenanya, Anda tidak boleh sembarang pakai, perlu tahu cara pakai tabir surya agar kulit terlindungi maksimal.

Anda perlu tahu juga bahwa tabir surya dianggap bisa menjadi senjata yang efektif mencegah penuaan. Kalaupun sudah ada tanda-tandanya di wajah, penggunaan tabir surya yang rutin bisa menyamarkan tanda penuaan tersebut.

Tabir Surya

Bahkan, jika bermasalah dengan bekas jerawat yang membandel, Anda bisa mengandalkan tabir surya untuk mengatasinya. Tentu, hasil tidak bisa didapat hanya dari sekali pemakaian, ya.

So, bagaimana cara pakai tabir surya agar kulit terlindungi maksimal serta mendapat manfaat lain dengan optimal?

Laman WebMD menjelaskan dengan cukup detail bagaimana tabir surya dipakai dan waktu kapan saja sebaiknya tabir surya diaplikasikan. Berikut penjelasan selengkapnya, dikutip MNC Portal, Selasa (2/8/2022):

Kapan waktu terbaik mengaplikasikanĀ tabir surya?

Tabir Surya

Sangat disarankan bagi Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan khususnya, sekalipun yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan pun perlu menggunakan tabir surya, untuk mengaplikasikan tabir surya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari langsung.

"Pemakaian tabir surya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari langsung menurunkan risiko matahari langsung menyentuh kulit," terang laman kesehatan tersebut.

BACA JUGA :Ā Tetap Pakai Tabir Surya saat Cuaca Mendung, Simak Alasannya!

Hal yang perlu diperhatikan, tapi sering dilupakan, adalah mengaplikasikan ulang tabir surya. Ya. Anda jangan merasa sekali pakai itu cukup.

"Saat Anda berenang atau berolahraga, atau terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup lama, maka setelahnya segera aplikasikan ulang tabir surya," tambah aporan tersebut.

"Oleskan tabir surya sesering mungkin sepanjang hari jika Anda bekerja di luar ruangan, dan kenakan topi serta pakaian pelindung untuk memberikan proteksi tambahan," tambah laporanya.

BACA JUGA :Ā 5 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Bikin Cantik!

Cara mengaplikasikanĀ tabir surya

Nah, soal bagaimana cara memakai tabir surya yang benar dikatakan di sana bahwa kocok dulu tabir surya Anda sebelum dipakai ke wajah. Ini memungkinkan partikel yang ada di dalam botol tabir surya tercampur seutuhnya.

Pertimbangkan untuk menggunakan sunscreen jenis semprot untuk penggunaan yang praktis.

Anda pun perlu mempertimbangkan seberapa banyak sunscreen yang dipakai. Ingat, jangan terlalu sedikit, tapi jangan 'too much' juga.

"Ukuran yang pas itu cukup satu ons untuk satu wajah. Tapi, kalau terlalu ribet untuk menimbang terlebih dulu, cukup satu cuil untuk satu area wajah," tambah laporannya.

Nah, soal area wajah mana saja yang perlu mendapat proteksi dari sunscreen, Anda jangan pernah melewatkan dahi, pipi kanan dan kiri, hidung, dagu, leher depan dan belakang, pun telinga termasuk belakang telinga.

Oleskan sunscreen semarata ke semua bagian wajah tersebut, ya. Ingat, jangan sampai ada bagian yang terlewat nanti akan menimbulkan efek belang di kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini