Share

Mandi Sebelum Olahraga Ternyata Ada Manfaatnya, Ini 5 Alasannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 612 2640627 mandi-sebelum-olahraga-ternyata-ada-manfaatnya-ini-5-alasannya-hIEkZJb5Xv.jpg Ilustrasi Mandi Sebelum Olahraga. (Foto: Shutterstock)

MANDI sebelum olahraga ternyata memiliki banyak manfaat loh. Memang, biasanya seseorang akan mandi setelah berolahraga agar segar dan menghilangkan keringat yang membuat lepek.

Tapi, menurut para ahli sebenarnya tidak ada patokan yang baku mengenai sebaiknya mandi sebelum olahraga atau mandi sesudah olahraga. Yang jelas, mandi akan membantu tubuh Anda terhindar dari kotoran.

Meski demikian, mandi sebelum olahraga ternyata ada manfaatnya. Simak 5 manfaatnya berikut ini.

Sebagai pemanasan sebelum olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang baik untuk dilakukan secara rutin. Sebelum melakukan olahraga, pastikan Anda melakukan pemanasan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk pemanasan adalah dengan mandi air hngat sebelum berolahraga atau pergi ke gym. Mandi air hangat dapat mengendurkan otot dalam tubuh.

Dengan mandi air hangat sebelum olahraga tentunya akan membantu tubuh lebih siap menghadapi aktivitas fisik yang lebih berat, apalagi jika Anda berolahraga di pagi hari.

Mandi sebelum olahraga

Meningkatkan sirkulasi darah

Bukan hanya dapat meringankan otot yang tegang, mandi air hangat ternyata memiliki manfaat lain. Manfaat tersebut adalah memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancara akan membatu Anda mengendurkan sendi dan otot. Jadi cocok dilakukan sebelum olahraga.

Meningkatkan performa olahraga

Sebegaimana dijelaskan sebelumnya, mandi air dingin di pagi hari membuat badan Anda terasa lebih segar. Dengan demikian, tubuh Anda siap untuk berolahraga dan mampu meningkatkan performa olahraga Anda hingga 7 persen.

Meningkatkan produktivitas

Mandi air dingin sebelum olahraga bisa membantu Anda lebih semangat dan produktif di pagi hari. Ini karena air dingin yang membasahi tubuh akan membantu Anda lebih cepat merasa segar.

Air dingin juga membantu meningkatkan detak jantung, sehingga aliran darah mengalir ke seluruh tubuh. Metabolisme Anda juga tidak akan terganggu karena suhunya tetap stabil. Maka cocok sekali jika Anda mandi air dingin sebelum olahraga.

 

Terhindar dari Heat Stroke

Indonesia merupakan negara tropis, sehingga panas matahari biasanya begitu menyiksa. Salah satu permasalahan yang muncul di negara tropis ini adalah resiko heat stroke, yaitu dimana suhu tubuh meningkat tajam dan menyebabkan penderitanya pingsan.

Maka dari itu, menjaga suhu tubuh dalam kondisi normal perlu dilakukan. Anda bisa mandi terlebih dahulu sebelum olahraga untuk menghindari permasalahan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini