Share

11 Cemilan Sehat Tinggi Protein yang Enak, Ngemil Tanpa Cemas!

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 298 2641273 11-cemilan-sehat-tinggi-protein-yang-enak-ngemil-tanpa-cemas-ZI2RYcZOpX.jpeg 11 Cemilan Sehat Tinggi Protein (Foto: Timesofindia)

11 CEMILAN sehat tinggi protein ini tengah menjadi tren. Di tengah maraknya berbagai cemilan instan yang tinggi gula dan kalori, cemilan sehat tinggi protein kini mulai banyak dipilih.

Meskipun tergolong makanan ringan, cemilan sehat tinggi protein ternyata bisa mengenyangkan tanpa mengakibatkan kegemukan seperti cemilan yang mengandung gula dan kalori.

Bahkan, tak hanya bikin kenyang, cemilan tinggi protein dinilai jauh lebih sehat dibandingkan dengan cemilan yang tidak mengandung tinggi protein. Pasalnya, protein merupakan zat gizi makro yang membangun hampir semua jaringan dan organ dalam tubuh, termasuk, tulang, otot, kulit, dan rambut.

Protein juga berperan penting dalam proses pembentukan energi dan membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Bahkan, protein merupakan komponen dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Karena itu, dengan mengonsumsi cemilan sehat tinggi protein akan membantu pembentukan antibodi untuk melawan infeksi dan penyakit, serta menjaga sel tetap sehat.

Berikut daftar cemilan sehat tinggi protein yang bisa Anda konsumsi sebagai cemilan pendamping sehari-hari, dikutip dari berbagai sumber, Rabu, (3/8).

1. Edamame

11 Cemilan Sehat Tinggi protein

(11 Cemilan Sehat Tinggi Protein, Foto: Timesofindia)

Mengonsumsi edamame atau kacang kedelai kukus atau rebus bisa menjadi cemilan tinggi protein yang menyehatkan. Selain merupakan jenis kacang yang tinggi protein, edamame juga mengandung vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Dalam satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein, serta mampu memenuhi hampir 52% kebutuhan vitamin K dan 100% kebutuhan harian asam folat.

2. Oatmeal

Selain tinggi protein, oatmeal bisa menjadi cemilan yang nikmat dan kaya nutrisi. Kombinasi kandungan protein dan serat tinggi dalam oat atau gandum bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan makan berlebihan.

BACA JUGA : 5 Camilan Sehat untuk Turunkan Kolesterol Tinggi, Cegah Penyakit Jantung!

3. Kuaci

Siapa sangka, cemilan mungil satu ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi loh! Kuaci atau biji bunga matahari cukup populer dikonsumsi sebagai cemilan di waktu luang.

Dalam 30 gram kuaci mengandung 5,5 gram protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, kuaci juga kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan.

BACA JUGA : Cegah Penyakit Jantung, 5 Camilan Ini Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

4. Almond

11 Cemilan Sehat Tinggi protein

(11 Cemilan Sehat Tinggi Protein, Foto: Timesofindia)

Almond merupakan salah satu pilihan cemilan yang enak, renyah dan juga menyehatkan. cemilan sehat tinggi protein ini juga kaya akan kandungan vitamin E, riboflavin, mineral, dan lemak sehat.

Mengonsumsi segenggam atau setara dengan 22 biji kacang almond bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

5. Brokoli

Jenis sayur yang satu ini memiliki kandungan protein tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya protein saja, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium.

Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi bioaktif yang tinggi yang dapat mencegah risiko penyakit kanker. Manfaat mengonsumsi brokoli secara rutin antara lain kamu bisa mencegah diri dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, serta diabetes.

6. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan protein nabati yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Bahkan, di dalam kacang tanah juga terdapat magnesium dan serat yang bisa mencegah dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain sebagai cemilan, di Indonesia kacang tanah juga kerap digunakan untuk bumbu beberapa makanan seperti pecel dan bumbu ketoprak serta gado-gado.

7. Tempe

Meskipun kerap dijadikan pendamping nasi, makanan khas Indonesia satu ini tidak boleh terlewatkan dari daftar camilan tinggi protein. Sama seperti tahu, tempe yang dibuat dari bahan kedelai ini kaya akan kandungan protein.

Bagi Anda yang melakukan pola hidup plant based dan vegetarian/vegan, tempe bisa menjadi alternatif camilan protein nabati untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

8. Kacang Polong

Tidak hanya kacang kedelai, kacang hijau termasuk ke dalam protein nabati terbaik karena kandungan proteinnya yang tinggi. Salah satunya adalah kacang polong.

Kacang yang memiliki kemiripan dengan kacang edamame ini biasa dikonsumsi sebagai sup atau sebagai pelengkap nasi goreng. Kacang polong mengandung 85 kalori dan 21 gram protein yang bagus untuk memperkuat sistem imun.

9. Yoghurt

Yoghurt tanpa rasa (plain) bisa menjadi pilihan camilan tinggi protein yang selanjutnya bisa Anda konsumsi. Selain memiliki rasa yang segar, yoghurt juga merupakan camilan yang cukup mengenyangkan. Tidak hanya tinggi protein, yoghurt juga kaya akan kalsium yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

10. Keju

Produk olahan dari susu ini juga bisa menjadi cemilan tinggi protein yang mampu menekan nafsu makan. Berdasarkan penelitian dalam The British Journal of Nutrition, disebutkan bahwa asupan kalori menurun hingga 9% pada pria gemuk yang mengonsumsi keju sebagai camilan.

Selain kandungan protein yang tinggi, keju juga kaya akan kandungan kalsium, fosfor, dan selenium yang baik untuk tubuh.

11. Jambu Biji

Tidak seperti buah pada umumnya, jambu biji buah yang mengandung nutrisi protein yang relatif lebih tinggi.

Dalam penyajian satu cangkir (165 gram) jambu biji terdiri dari 4,2 gram protein. Selain itu, buah ini juga punya kandungan lemak yang sedikit, yakni sekitar 1,6 gram saja.***

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini