Share

5 Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui, Beda-Beda Penanganan Loh

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 03 Agustus 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 611 2641198 5-jenis-bekas-jerawat-yang-perlu-diketahui-beda-beda-penanganan-loh-q6BFZrlTtw.jpg Ilustrasi Bekas Jerawat. (Foto: Shutterstock)

ADA 5 jenis bekas jerawat yang perlu diketahui bagi kamu yang memiliki bekas jerawat membandel. Sebab berbeda jenis bekas jerawat beda juga penangannya, ya.

Bekas jerawat menjadi problem bagi banyak orang dan sulit untuk dimusnahkan. Bekas jerawat terjadi karena terjadi hiperpigmentasi pada luka bekas jerawat. Apabila dibiarkan begitu saja bekas jerawat akan mengganggu penampilan dan rasa percaya dirimu.

Jenis bekas jerawat pada wajah tergantung pada jenis jerawat dan cara perawatannya berbeda-beda. Untuk itu kenali 5 jenis bekas jerawat yang perlu diketahui. Berikut 5 jenis bekas jerawat yang umum terjadi.

Bekas Jerawat

Keloid Scars

Bekas jerawat keloid scars terbentuk sama besar seperti jerawat yang dulu menyebabkannya. Bahkan pada beberapa kondisi bisa lebih besar dari jerawat sebelumnya. Keloid scars terbentuk dari jaringan parut yang menumpuk. Umumnya bekas jerawat jenis seperti ini muncul pada bagian seperti rahang, dada, bahu dan punggung.

Boxcar Scars

Bekas jerawat dengan bentuk cekungan kotak atau bulat berwarna merah biasa disebut boxcar scars. Biasanya bekas jerawat seperti ini terjadi karena kulit kekurangan kolagen atau terinfeksi virus yang menyebabkan jerawat. Boxcar Scars terjadi disekitar pipi atau pada rahang bagian bawah.

 

Ice Pick Scars

Bekas jerawat ice pick scars berbentuk lekukan kecil, dalam dan sempit tetapi meluas pada permukaan kulit. Butuh waktu cukup lama untuk mengobati bekas jerawat seperti ini sebab lukanya mencapai dermis kulit dalam.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Rolling Scars

Rolling Scars yaitu tipe bekas jerawat bergelombang tidak rata dengan kedalaman berbeda-beda. Umumnya bekas jerawat rolling scars timbul pada bagian kulit yang tebal.

Hyperpigmentation

Hiperpigmentasi biasa terjadi ketika seseorang baru sembuh dari jerawat yang dialaminya. Kulit akan meninggalkan bekas kehitaman dan memerlukan perlindungan dari sinar matahari jika tidak ingin bertambah parah.

Bekas jerawat hiperpigmentasi bisa terjadi karena kita sering memencet jerawat dan tidak menggunakan perlindungan sinar matahari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini