Share

Pentingnya Double Cleansing untuk Perawatan Kulit, Jangan Malas Ya

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2022 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 611 2641470 pentingnya-double-cleansing-untuk-perawatan-kulit-jangan-malas-ya-k0zrTVY6zD.jpg Ilustrasi Perawatan Wajah. (Foto: Highend)

SALAH satu tahap yang sebenarnya sangat krusial sehingga tidak boleh dilupakan dalam merawat kulit, yaitu double cleansing. Double cleansing memiliki tujuan utama untuk menghilangkan kotoran yang ada di atas kulit Anda bersama dengan riasan, minyak berlebih, dan kulit mati.

Jangan terkecoh, sebab pembersih biasa yang selama ini Anda gunakan belum tentu sudah cukup. Untuk orang-orang yang tinggal di tempat yang banyak polusi, tentu saja double cleansing ini menjadi hal yang harus ada di rutinitas Anda, terutama jika Anda menggunakan sunscreen serta riasan tiap hari.

Double cleansing ini juga akan membersihkan kulit Anda secara menyeluruh sehingga serum dan krim pelembab akan lebih mudah diserap. Tahap pembersihan dua kali ini mencakup cuci muka dengan dua produk. Pertama dengan pembersih berbasis minyak, lalu diikuti oleh pembersih berbasis air.

Proses double cleansing memang terbukti penuh dengan manfaat untuk perawatan kulit. Manfaat yang pertama adalah guna mencegah penumpukan sebum dan bakteri yang dapat membantu hindari infeksi yang menyebabkan jerawat.

Pembersih berbasis minyak sangat bagus untuk menghilangkan kotoran, residu, kosmetik, dan yang paling penting sebum yang diproduksi secara berlebihan ketika seseorang sedang berjerawat. Terutama jika Anda seorang pemakai riasan berat atau rentan terhadap minyak, double cleansing adalah pengaman untuk mencegah jerawat yang berhubungan dengan sebum.

double cleansing

Jika Anda memiliki tipe kulit kering, maka double cleansing juga akan cocok dan disarankan untuk rutinitas skincare Anda. Dua langkah yang lembut akan bekerja lebih baik daripada satu formula kuat yang memerangi sensitivitas atau pengeringan berlebih. Kulit kering sangat diuntungkan karena langkah pembersihan riasan non-stripping ini dapat meninggalkan sedikit kelembapan.

Bukan hanya untuk pembersih, proses double cleansing juga akan meningkatkan khasiat produk skincare Anda yang lain. Ketika kulit sudah dibersihkan secara maksimal, pori-pori Anda akan lebih siap untuk menyerap serum dan pelembab.

Cara Double Cleansing

Langkah pertama dari double cleansing melibatkan pembersih berbasis minyak, balm, atau micellar water. Oleskan ke kulit untuk membersihkan riasan, racun, polusi, SPF, dan sebum. Pastikan untuk memijat pembersih ke wajah Anda selama satu menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Hal ini akan membantu meminimalkan iritasi dan kulit kering.

Setelah membilas pembersih berbasis minyak, pindah ke pembersih kedua yang harus berbasis air, lalu cuci seperti biasa. Langkah kedua ini akan membersihkan lebih dalam dan biasa dikenal orang sebagai proses cuci muka biasa. Dengan ini, residu dari langkah sebelumnya dan segala kotoran juga akan terangkat. Cuci selama satu menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Memilih Pembersih yang Tepat

Double cleansing dapat membantu hampir semua jenis kulit selama Anda menggunakan formula yang tepat. Jika Anda memiliki kulit kering, disarankan untuk mencari pembersih lembut yang tidak akan menghilangkan minyak alami kulit. Contohnya seperti pembersih dengan pH netral sehingga kulit tidak menjadi kering berlebihan. Hal itu juga bisa ditemukan di bahan-bahan seperti shea butter, jojoba, minyak tumbuhan, madu, dan squalene.

Untuk kulit berminyak, bahan anti inflamasi seperti vitamin E dan asam polihidroksi dapat membantu melawan komedo. Sementara untuk jenis kulit kombinasi akan mendapat manfaat dengan pembersih seimbang yang mengandung ceramide untuk mempertahankan kelembapan serta sesuatu yang ringan untuk menghidrasi sambil mengontrol minyak. Terakhir, jika Anda memiliki kulit sensitif, pilihlah formula ringan yang bebas pewangi.

Namun, jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, maka Anda harus super hati-hati dalam memilih produk. Misalnya, jika Anda menderita rosacea (penyakit kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan disertai bintik-bintik menyerupai jerawat), tidak disarankan untuk melakukan double cleansing.

Pilihlah hanya pembersih minyak atau pembersih susu yang lembut. Begitu juga jika Anda memiliki jerawat kistik, maka akan lebih baik melakukan satu kali pembersihan sebab double cleansing dapat merangsang kulit secara berlebihan dan memperburuk kondisi kulit.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini