Share

Lintas Generasi Diajak Semakin Peduli Budaya Indonesia Melalui Jagantara

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2022 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 612 2641535 lintas-generasi-diajak-semakin-peduli-budaya-indonesia-melalui-jagantara-ue1jDyGIhZ.JPG Warisan Budaya Indonesia Foundation, ( Foto: MPI/Aldhy Chandra)

CARA paling mudah melestarikan budaya bangsa adalah menghadirkan budaya itu sendiri di kehidupan sehari-hari. Pesan inilah yang coba disampaikan Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation lewat Jagantara atau Jaga Warisan Nusantara.

 

Founder sekaligus Ketua Umum WBI Foundation, Yanti Airlangga menjelaskan bahwa dengan adanya Jagantara ini, diharapkan kaum muda bisa ikut bersama-sama mewariskan budaya Indonesia, mulai dari wastra Nusantara, seni, maupun budaya lainnya.

"Kami mengajak generasi muda untuk sama-sama ikut melestarikan budaya Indonesia. Sebisa mungkin, kemanapun kita pergi, budaya bangsa tetap harus melekat dalam diri kita," ungkap Yanti Airlangga dalam acara Konferensi Pers Jagantara di Ashta District 8 SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022).

Lebih lanjut, disampaikan Chairwoman of MNC Group Liliana Tanoesoedibjo, bahwa yang namanya warisan budaya Indonesia itu perlu dijaga bersama, baik oleh generasi senior maupun generasi muda.

"Warisan budaya itu perlu dijaga oleh lintas generasi. Tapi di Jagantara ini, kami apresiasi anak muda yang mau bergandengan tangan ikut peduli atas warisan budaya Indonesia," ungkap Liliana Tanoesoedibjo yang juga sekaligus salah seorang Founder WBI Foundation.

(Foto: MPI/ Aldhy Chandra)

"Kita sebagai bangsa sudah sepatutnya bersyukur karena Indonesia memiliki banyak sekali budaya. Para generasi tua maupun muda harus ikut terlibat dalam melestarikan budaya tersebut, jangan sampai anak cucu nantinya tidak tahu budaya Indonesia," tambahnya.

Senada dengan Liliana Tanoesoedibjo, Raffi Ahmad, yang juga bertindak sebagai salah satu Founder WBI Foundation, menilai bahwa dengan segitu banyaknya budaya yang Indonesia miliki, sudah sepatutnya kita bersama-sama menjaganya. Sebab, kalau bukan kita sendiri, tidak akan ada lagi yang mencoba untuk mempertahankan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia.

"Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan budaya ini dan semoga warisan budaya bisa tetap dinikmati generasi berikutnya. Itu kenapa, Jagantara kami hadirkan dari lubuk hati terdalam supaya semua bangsa bisa menyadari betapa berharganya warisan budaya yang Indonesia miliki," tutupnya singkat.

 BACA JUGA:Jagantara Bawa Budaya Indonesia Lebih Dekat dengan Anak Muda

BACA JUGA:Jagantara Hadirkan Buku Resep Berusia 1 Abad!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini