Share

Keren! Produk Kriya Jawa Barat Unjuk Gigi di Pameran Kerajinan Terbesar Korea Selatan

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 194 2641877 keren-produk-kriya-jawa-barat-unjuk-gigi-di-pameran-kerajinan-terbesar-korea-selatan-4bIDdhXjtP.JPG Produk kriya Jabar di Handarty Korean, (Foto: Istimewa)

PRODUK kriya unggulan asli Indonesia berhasil unjuk gigi di pameran kerajinan terbesar di Korea Selatan.

Ialah produk kriya Jawa Barat yang berhasil memikat pengunjung dalam pameran Handarty Korean yang digelar di Convention & Exhibition (COEX) Center Seoul, Korea Selatan (Korsel).

Handarty Korean sendiri merupakan pameran kerajinan terbesar di Korsel yang menampilkan berbagai macam karya kerajinan tangan, pakaian, dan lokakarya kerajinan para seniman dari seluruh dunia.

Keikutsertaan produk kriya unggulan Jabar dalam ajang Handarty Korean ini, jadi salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk terus mengangkat produk-produk usaha kecil menengah (UKM) Jabar di mata dunia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar, Iendra Sofyan mengatakan, produk kriya yang ditampilkan Disperindag bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar merupakan produk-produk kriya yang sudah terkurasi.

Penampilan produk kerajinan kriya dari Jawa Barat di pameran Handarty tahun ini, bahkan sudah yang ketiga kalinya.

"Ini merupakan partisipasi tahun ketiga Dekranasda Jabar di pameran Handarty Korea," ujar Iendra saat ditemui di Bandung, Kamis (4/8/2022).

Tampil di pameran Handarty, dari Indonesia sendiri menghadirkan empat pelaku usaha kriya, yakni Anggia Handmade, PALA Nusantara, Neby Bags, dan Kerabat Store.

Iendra menambahkan, pameran berskala internasional ini jadi wadah yang sangat pas untuk mempromosikan produk kerajinan karya para anak bangsa.

(Foto: Istimewa)

"Ini pameran bergengsi bagi produk UKM, tahun sebelumnya peserta yang mengikuti pameran ini datang dari lebih dari 30 negara di seluruh dunia. Pengunjungnya juga ratusan ribu, jadi ini kesempatan bagi produk UKM Jawa Barat disimak dunia internasional dan menambah jam terbang di pameran internasional,” tuturnya.

Pria yang juga sekaligus Ketua Harian Dekranasda Jabar itu menegaskan, pameran internasional seperti ini bisa mendongkrak perkembangan UMKM dan industri ekonomi kreatif yang sempat sangat terhantam pandemi Covid-19, agar bisa kembali hidup dan bergeliat.

"Pameran-pameran seperti INACRAFT, Handyarty menjadi kesempatan bagi Jabar untuk membangkitkan dan membangun kembali sektor ekonomi kreatif," tandas Iendra.

 BACA JUGA:Bando Pink Nagita Slavina Jadi Sorotan, Harganya Bikin Netizen Istigfar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini