Share

Kenali 7 Jenis Ikan yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 298 2642114 kenali-7-jenis-ikan-yang-bisa-turunkan-kolesterol-tinggi-REDz4PrZuF.jpg Ilustrasi Ikan yang Menurunakan Kolesterol. (Foto: Freepik)

ADA 7 Jenis ikan yang bisa turunkan kolesterol tinggi ini harus Anda ketahui. Kolesterol tinggi menjadi salah satu “silent killer” yang wajib Anda waspadai.

Maka dari itu Anda harus mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah dengan makan ikan, karena ikan rendah lemak trans juga lemak jenuh.

Ikan tinggi akan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh dan mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Nah, berikut ada 7 Jenis Ikan yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi.

Ikan penghilang kolesterol

Ikan Sarden

Anda pasti sering menjumpai ikan ini di supermarket. Ikan yang kerap dibuat menjadi ikan kalengan ini memiliki kandungan nutrisi yang komplit. Seperti vitamin B kompleks serta vitamin A,D,E, serta K. Bukan hanya itu saja, sarden juga mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan natrium.

Ikan Haring

Ikan-ikan berukuran kecil ini juga memiliki sumber protein yang tinggi tanpa lemak dan rendah kolesterol. Dalam satu ikan haring terdapat asam lemak omega-3, vitamin D, dan Selenium. Bukan hanya itu saja, 3 ons ikan haring memiliki 20 gram protein.

Ikan Salmon

Ikan dengan daging berwarna keorenan jika sudah diolah ini rupanya memiliki kadar kolesterol yang rendah. Salmon juga memiliki lemak tak jenuh serta nutrisi lain, seperti protein, vitamin D, vitamin B-12, vitamin B3, dan vitamin B-6. Tak ketinggalan juga kandungan magnesium dan selenium yang bisa Anda temukan dalam ikan salmon.

Ikan Makarel

Satu lagi ikan yang sering diolah menjadi makanan kalengan, yaitu ikan makarel. Ikan tersebut bisa dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Kandungan di dalam ikan makarel antara lain omega-3, vitamin B-12, niasin, zat besi, vitamin D, vitamin B6, riboflavin, magnesium, fosfor, folat, dan selenium.

Ikan Tuna

Tuna merupakan salah satu ikan yang kaya akan kandungan omega-3 dan sumber vitamin B-12. Nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah anemia dan membuat DNA. Bukan hanya itu saja, ikan tuna juga baik bagi penderita kolesterol tinggi. Tak ketinggalan, ikan tuna juga mengandung zat besi, vitamin B6, kalium, selenium, dan yodium yang baik untuk kesehatan tulang.

Ikan Trout

Di nomor keenam ada ikan trout yang menyumbang daftar ikan yang boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Ikan ini mengandung omega-3 dan juga fosfor.

Ikan Lele

Siapa sangka jika ikan lele juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol. Jumlah kalorinya pun rendah dan asam lemak omega-3nya tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini