Share

3 Bumbu Masak Dapur uang Ampuh Turunkan Kolesterol

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 298 2642142 3-bumbu-masak-dapur-uang-ampuh-turunkan-kolesterol-e1WELbUY5W.jpg Ilustrasi Bumbu Masak Penurun Kolesterol. (Foto: Shutterstock)

BERIKUT adalah 3 bumbu masak dapur yang ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Yuk, cek masakanmu sekarang juga apakah sudah mengandung bumbu-bumbu berikut ini.

Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun jaringan baru dalam tubuh. Kolesterol juga berfungsi untuk menghasilkan hormon serta asam empedu supaya lemak dapat dicerna dengan baik.

Namun, kelebihan kolesterol sendiri dapat mengakibatkan disfungsi jaringan tubuh. Jika sudah merasakan tanda-tanda kolesterol cobalah untuk cek gaya hidupmu mulai dari makanan hingga aktivitas sehari-hari. Kali ini Okezone telah merangkum 3 bumbu masak dapur yang ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Makanan yang kita konsumsi selama ini berperan besar dalam menunjang kesehatan tubuh kita. Banyak sekali penyakit yang menjangkit tubuh manusia akibat tidak memperhatikan pola makan yang baik dan sehat.

Bumbu Masak

Bumbu masakan menjadi penyedap alami untuk menambah cita rasa dari masakan. COba perhatian bumbu masak yang sering kamu gunakan, ternyata diantaranya ada beberapa yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, loh.

Jahe

Banyak orang mengkonsumsi jahe untuk menghangatkan tubuh ketika udara dingin. Ternyata selain untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa menurunkan kolesterol. Dalam 3 gram bubuk jahe bisa menurunkan kolesterol secara berkala.

Selain diolah menjadi hidangan minuman, jahe juga sering digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Tapi untuk bumbu masakan lebih baik gunakan jahe utuh dan bukan bubuk jahe yang biasa digunakan untuk hidangan minuman.

Ketumbar

Bumbu masak dapur masak dapur yang ampuh untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah ketumbar. Dalam biji ketumbar terdapat senyawa asam dan antioksidan yang sangat efektif untuk meluruhkan kolesterol jahat yang bersemayam dalam tubuh.

Cara mengolah ketumbar untuk mencegah kolesterol yaitu bisa dicampurkan langsung sebagai bumbu masak. Selain itu kamu juga bisa menggunakan seduhan bubuk ketumbar dan meminumnya langsung.

Bawang Putih

Sangat mudah sekali mendapatkan bawang putih untuk tambahan masakan. Bawang putih ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh karena mengandung senyawa allicin. Selain itu, bawang putih juga berperan sebagai farmakologis anti inflamasi menghambat pertumbuhan kolesterol jahat.

Dengan memakan bawang putih mentah bisa membantu mencegah darah membeku dan sifat anti inflamasinya merawat tubuh dari infeksi. Selain memakannya secara langsung, kamu bisa mencampurnya dengan memblender bawang bombay, bawang putih dua siung dan 7 lembar daun sambung nyawa. Kemudian saring dan minum airnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini