Share

Dear Gen Z dan Milenial, Pikir Matang untuk Self Reward

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 612 2641629 dear-gen-z-dan-milenial-pikir-matang-untuk-self-reward-lxPJ1C4uSS.jpg Pikir matang untuk self reward (Foto Ilustrasi: Timesofindia)

GAYA hidup kalangan muda memunculkan berbagai kebutuhan sehari-hari. Anda harus bisa menentukan dan mengatur budget untuk pengeluaran.

Karena itu, perlunya Anda mengatur pengeluaran sehari-hari. Apalagi sekarang ini digempur dengan banyaknya aplikasi fintech, paylater juga kartu kredit.

Biasanya banyak promo menggiurkan sehingga gen Z dan milenial tergoda untuk belanja juga boros jajan-jajan. Lantas bagaimana baiknya agar Anda tetap bisa saving ya?

Belanja

Psikolog Ayank Irma mengatakan, belanja atau jajan tak jadi masalah asal tahu batasan. Kedua hal ini perlu dilakukan untuk kepuasan diri.

โ€œKetika mau memberikan reward untuk diri sendiri, baiknya perlu pemikiran matang apakah masih masuk akal atau tidak, masuk budget atau tidak," ujarnya dalam keterangan OVO U Card yang kini sudah punya

Menurutnya, jika hanya karena takut ketinggalan tren, justru akan menimbulkan dampak buruk pada psikologis dan finansial seseorang. Akibatnya menjadi stres dan cemas menghadapi situasi yang dihadapi.

Lolita Setyawati, Financial Planner juga mengungkapkan, untuk self reward berupa materi akan lebih baik jika dibayar secara tunai. Jika kondisinya lebih nyaman membayar dengan kartu kredit, lebih untung jika ada promo belanja.

"Ini sah-sah saja asalkan yakin bahwa utang kartu kredit tersebut dapat segera dilunasi saat tagihan datang," ucap Lolita.

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra mengakui, kini banyak permintaan generasi milenial akan kemudahan akses dalam mengajukan aplikasi kartu kredit. Ia melihat sudah ada lebih dari 200 ribu pengguna dari kalangan gen z dan milenial.

"Itu karena gaya hidup kalangan muda yang kian kompleks memunculkan berbagai kebutuhan, termasuk dalam menentukan dan mengatur budget untuk pengeluaran," tutup Karaniya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini