Share

3 Tips Menghangatkan Nasi di Rice Cooker Supaya Tak Cepat Basi

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 298 2642439 3-tips-menghangatkan-nasi-di-rice-cooker-supaya-tak-cepat-basi-CB46BxjUMF.jpg Beras BKB, (Foto: AladinMall)

SEBAGIAN besar masyarakat Indonesia memasak nasi sehari sekali dan dilakukan setiap pagi. Nasi yang sudah matang pun akan digunakan mulai dari sarapan, makan siang, hingga di malam hari.

Nah, agar menjaga nasi tetap hangat saat disantap, biasanya memang dihangatkan di rice cooker. Meski terdengar modern dan praktis, ternyata menghangatkan nasi di rice cooker pun tak luput dari masalah.

Alih-alih menghasilkan nasi yang hangat dan lezat, terkadang nasi justru bisa basi loh! Maka dari itu, kita harus paham trik dalam menyimpan nasi di rice cooker. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghangatkan nasi di rice cooker agar tidak cepat basi.

1.Cuci beras hingga bersih: Cuci beras hingga bersih, air yang keruh bisa jadi pertanda bahwa masih ada kotoran pada beras yang bisa menyebabkan timbulnya bakteri dan berpotensi membuat nasi yang sudah matang mudah basi.

2. Jangan buka rice cooker saat masak nasi: Proses memasak nasi dengan rice cooker sangat tergantung dari uap yang terbentuk di dalam panci rice cooker. Jika tutup dibuka, uap akan keluar dan bisa mengakibatkan nasi tidak matang sempurna. Pastikan bagian bawah pada wadah rice cooker yang akan digunakan dalam keadaan kering sebelum memasak nasi. Buka tutup rice cooker ketika nasi sudah mulai tanak agar uap air tidak jatuh ke dalam nasi dan membuat nasi cepat basi. Rice cooker berkualitas baik umumnya memiliki dasar panci yang tebal. Dasar panci yang tebal akan menahan dan mendistribusikan panas dengan lebih baik. Jangan sampai ada elemen yang rusak seperti, penutupnya yang kendor atau tombol cook dan warm yang tidak dapat bekerja dengan baik.

3. Perhatikan kualitas beras: Pemilihan produk beras yang dimasak juga berpengaruh terhadap kualitas nasi. Karenanya, pastikan Anda menggunakan beras berkualitas premium seperti Beras Keluarga Bijak (BKB). Beras Keluarga Bijak (BKB) diproses menggunakan mesin modern dengan racikan khusus, dengan standar di atas Peraturan Menteri Pertanian (Permentan). Sehingga menghasilkan rasa yang enak.

Beras Keluarga Bijak (BKB) merupakan beras kualitas atas harga pantas. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir soal harga. Terlebih kalau belinya di AladinMall by Mister Aladin, ada tambahan diskon 10%! plus gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia.

Selain itu, Beras Keluarga Bijak (BKB) juga sudah bekerjasama dengan distributor-distributor seperti:

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini