Share

Bosan Makan Nasi? Ini 6 Jenis Asupan Sumber Karbohidrat Penggantinya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 05 Agustus 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 298 2642615 bosan-makan-nasi-ini-6-jenis-asupan-sumber-karbohidrat-penggantinya-szH4t1idvr.JPG kembang kol sebagai pengganti nasi, (Foto: Freepik)

SEBAGIAN orang mungkin menganggap karbohidrat adalah musuh untuk tubuh, karena bisa membuat berat badan bertambah.

Jangan salah, karbohidrat merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh loh1 Karbohidrat sendiri dapat ditemui dalam berbagai jenis makanan, seperti buah-buahan, biji-bijian, hingga sayuran. Namun, di Indonesia tak bisa dipungkiri memang nasi yang merupakan makanan pokok, dijadikan sebagai sumber utama karbohidrat.

Padahal, sumber karbohidrat bukan hanya nasi loh. Masih banyak pilihan lain yang bisa dijadikan pengganti atau alternatif asupan sumber karbohidrat. Apa saja? Merangkum berbagai sumber, Jumat (5/8/2022) yuk simak ulasan singkat enam jenis asupan karbohidrat selain nasi.

1.Brokoli: Siapa sangka sayur hijau ini bisa menjadi makanan pengganti nasi? Sama seperti nasi, brokoli juga mempunyai kandungan karbohidrat namun jauh lebih rendah. Menurut data USDA, Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram brokoli setara 6,64 gram karbohidrat dengan 34 kkal kalori. Selain itu brokoli juga mengandung protein dan vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Kembang kol: Sayur yang mirip dengan brokoli ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Dalam 100 gram kembang kol, mengandung kandungan karbohidrat sebanyak 4,97 gram dengan total kalori sebesar 25 kkal. Cara memasaknya pun mudah, cukup memotong bagian bunganya dan diparut, lalu kukus selama 5 menit. Nasi kembang kol sudah siap disantap.

3. Mi shirataki: Sesuai dengan kemasan produk, seporsi mi shirataki ( sekira 112 gram) setara dengan 3 gram karbohidrat dan 9 kkal kalori. Mi shirataki terbuat dari glukomanan yang berasal dari tanaman konyaku, sejenis umbi-umbian. Makanan tradisional asal Jepang ini banyak dimanfaatkan sebagai makanan alternatif pengganti nasi untuk diet dan sedang menjadi tren beberapa waktu belakangan ini.

4. Kentang: Dalam 100 gram kentang mengandung 12,4 gram karbohidrat dan kalori sebesar 58 kkal. Angka ini masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih yang bisa sampai 28 gram karbohidrat dengan 129 kkal kalori. Agar lebih sehat, kentang dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus, tanpa tambahan minyak ya!

5. Ubi: Per 100 gram ubi punya 20,1 gram karbohidrat dengan kalori sebesar 86 kkal. Angka yang mendekati nasi putih, namun tetao masih lebih rendah. Rasanya yang manis bisa menggugah selera makan. Sama halnya dengan kentang, ubi dapat dimasak dengan cara direbus dan dikukus. Idealnya, jangan tambahkan bahan tambahan apa pun pada ubi seperti gula.

6. Jagung: Sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan nasi jagung. Alih-alih beras diolah jadi nasi, justru jagung juga menjadi salah satu makanan pokok di beberapa wilayah Indonesia. Dalam 100 gram jagung, terdapat 18,7 gram karbohidrat dan 86 kkal kalori. Jagung juga kaya akan serat, mampu memaksimalkan penyerapan nutrisi dan menjaga berat badan. Cocok nih bagi yang sedang diet!

 BACA JUGA:11 Cemilan Sehat Tinggi Protein yang Enak, Ngemil Tanpa Cemas!

BACA JUGA:Kalori Ayam Bakar Seporsi, Pejuang Diet Jangan Tergoda Makan Bagian Ini!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini