Share

5 Alasan Terbesar Nikah Siri Sering Terjadi di Indonesia, Nomor 4 Mengejutkan!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 612 2642495 5-alasan-terbesar-nikah-siri-sering-terjadi-di-indonesia-nomor-4-mengejutkan-d3eAWyptAD.jpg Nikah Siri (Foto:Freepik)

ALASAN terbesar kenapa nikah siri sering terjadi di Indonesia akan dibahas pada artikel kali ini. Faktanya, nikah secara siri sudah dianggap sah oleh agama, namun pernikahan tersebut dianggap tidak ada oleh negara. Di kalangan masyarakat, pernikahan siri masih dianggap tidak apa-apa karena mereka sudah disahkan sebagai pasangan suami istri oleh agama.

Padahal, pernikahan siri hanya sah secara agama namun dianggap melanggar hukum. Karena, dalam UU Nomor 22 Tahun 1946 telah mengatur jika setiap pernikahan harus tercatat secara hukum di Kantor Urusan Agama (KUA).

Berikut 5 alasan terbesar kenapa nikah siri yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber: 

1. Lebih mudah dan simpel

Bukan tanpa alasan pernikahan siri banyak ditempuh pasangan wanita dan pria yang ingin menyatukan cinta dalam mahligai pernikahan. Selain karena simpel pengurusannya dimana tidak direpotkan faktor birokrasi yang berbelit, keabasahan hubungan secara agama pun dalam genggaman. Tak salah jika pernikahan ini pun akhirnya digemari banyak orang, bukan hanya kalangan biasa, tapi juga jajaran selebriti yang marak menempuh jalan ini.

2. Pengantin yang belum cukup umur

Menikah saat usia masih di bawah umur, apalagi masih sekolah dilarang oleh pemerintah. Untuk menikah secara resmi, ada aturan mengenai usia minimal bagi calon pengantin. Dalam aturan saat ini pada UU Nomor 16 2019 bahwa perempuan yang boleh menikah yakni pada usia 19 tahun.

Namun, di Indonesia masih banyak orang tua yang menginginkan anaknya nikah muda. Bahkan banyak dari mereka yang dijodohkan. Sehingga mereka mengambil jalan pintas dengan cara menikah secara siri. Cara ini diambil agar pengantin laki-laki tidak menikahi perempuan lain, dan pengantin perempuan tidak dinikahi laki-laki lain.

3. Tidak direstui istri pertama atau orang tua

Dalam Islam, pria boleh menikahi dua atau lebih wanita dengan catatan mampu membiayai dan mendapatkan izin dari istri pertama. Namun, banyak pihak laki-laki yang kucing-kucingan menikahi wanita lain sehingga mengguakan jalan pintas dengan menikah siri.

Sementara itu, pada kasus lain ada juga yang menikah siri karena kedua orang tuanya tidak merestui.

4. Hamil di luar nikah 

Kasus hamil di luar nikah menambah daftar banyaknya pernikahan siri di Indonesia. Biasanya, pihak keluarga akan menanggung malu jika salah satu anggota keluarganya hamil atau menghamili padahal belum menikah. Untuk menutupi hal tersebut, biasanya akan dilakukan nikah siri.

5. Masalah ekonomi

Indonesia masih memiliki banyak masyarakat miskin. Bahkan untuk menikah saja mereka tak mampu. Maka tak jarang banyak pengantin yang pada akhirnya memutuskan menikah siri sembari menabung agar bisa menikah secara resmi di mata hukum.

Itulah 5 alasan terbesar kenapa nikah siri sering terjadi di Indonesia. Meski menikah merupakan sebuah ibadah, alangkah lebih baikdilakukan secara benar dan di sahkan secara agama dan hukum yang berlaku.

(RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini