Share

Suami Wajib Baca! Ini Cara Bikin Ibu Menyusui Bahagia

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 06 Agustus 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 612 2643089 suami-wajib-baca-ini-cara-bikin-ibu-menyusui-bahagia-1yoS6wfxF6.jpg Cara bikin ibu menyusui bahagia (Foto: Verywell family)

SUAMI sebagai pasangan perlu ikut berkontribusi dalam membahagiakan ibu selama masa menyusui. Tak lain untuk kebaikan ibu dan anak yang disusui, namun faktanya cukup banyak ibu tidak merasa bahagia.

Hal tersebut disampaikan dalam penelitian yang dilakukan Health Collaborative Center dengan melibatkan 2.011 responden dari 30 Provinsi di Indonesia. Dimana 6 dari 10 ibu menyusui tidak bahagia selama pandemi Covid-19, lantas bagaimana cara suami membahagiakan ibu menyusui?.

 ibu menyusui

Menurut Ahli Kesehatan Dr Ray, cara membahagiakan istri atau ibu menyusui adalah ikut berperan dalam prosesnya. Dukungan secara psikologis dan pengetahuan (literasi) dibutuhkan, suami bisa membantu atau meringankan beban selama menyusui.

"Suami harus paham dong kalau itu jadi tanggung jawab bersama. Kedua adalah cek informasi, sama seperti tadi hasil penelitian kami, perlu dukungan literasi. Makanya suami harus diedukasi, ini jadi topik pekan ASI tahun ini itu literasi," Dr, dr Ray Wagiu Basrowi, MKK Founder and Chairman Health Collaborative Center, dalam Webinar Hasil Penelitian Terbaru Tentang Ibu Menyusui, Sabtu (6/8/2022).

 BACA JUGA:90% Ibu Menyusui Merasa Bahagia Jika Suami Mendukung, Bapak Wajib Baca!

Sementara dari pihak istri, dikatakan Dr Ray bahwa Ibu juga harus berani bicara (speak up) terhadap suami apa yang diinginkan. Di mana secara psikologis, memang wanita lebih sering menggunakan kalimat atau pesan yang tersirat (personality perempuan).

Literasi Sebelum Menikah

Dokter Ray menerangkan betapa pentingnya edukasi atau literasi bagi kedua pasangan suami dan istri sebelum menikah atau memiliki anak. Hal tersebut bertujuan untuk membantu bagaimana menjalankan rumah tangga yang baik, seperti saat istri menyusui bisa bahagia.

Salah satu negara yang menerapkan literasi sebelum menikah (Premarital Education) ialah Malaysia. Dimana para pasangan sebelum menikah akan diberikan edukasi seputar kesehatan (klinis) dan rumah tangga.

"Seperti di Malaysia diberikan modul untuk mereka yang sebelum menikah atau edukasi, seperti kadar Hb dan zat besi ibu. Kemudian ada juga modul-modul Klinis, jadi ada aspek dukungan dan literasi sebelum menikah, itu mengajarkan bagaimana suami dan istri saling mendukung secara psikologis," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini