Share

Jangan Dikonsumsi Berlebihan, 2 Ikan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 298 2643660 jangan-dikonsumsi-berlebihan-2-ikan-ini-mengandung-kolesterol-tinggi-bVtiwpqhsz.jpg Ikan lele (Foto: Cookpad)

BERBAGAI jenis ikan air tawar mengandung kolesterol tinggi dan lemak. Karenanya, Anda perlu membatasi konsumsi ikan air tawar ini agar kolesterol dalam darah tidak meningkat. 

Kolesterol sendiri merupakan zat lemak yang diproduksi oleh hati dan hadir di semua sel. Ini membantu memproses vitamin D, memecah makanan, dan membuat hormon. Berikut ikan air tawar dengan kolesterol tinggi seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022).

1. Ikan lele

Ikan Lele

Ikan air tawar yang mengandung kolesterol tinggi pertama ada ikan lele. Ikan yang satu ini memang sangat mudah ditemukan di warung pinggir jalan Indonesia. Biasanya disandingkan dengan sambal agar lebih nikmat. Ditambah lagi dengan lalapan dan sate-satean yang gurih. Tak heran jika banyak yang menjadikan ikan lele sebagai makanan favoritnya.

Ikan lele banyak dibudidayakan di Indonesia, lantaran ikan ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi ikan lele meliputi protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, dan B12.

Namun menurut Vanguard, seorang praktisi medis bernama Dr Arikawe Adeolu mengatakan, lele mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Asam lemak omega-6 dalam lele bahkan dapat menaikan tingkat peradangan tubuh. Peradangan ini menjadi dasar penyakit kardiovaskular, seperti diabetes, dan kanker tertentu. Oleh karena itu, seseorang lebih rentan terkena penyakit jika banyak mengonsumsi ikan lele. Jadi, sebaiknya konsumsi ikan lele secukupnya, ya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

2. Ikan Bawal

Ikan Bawal

Ikan air tawar yang mengandung kolesterol tinggi berikutnya adalah ikan bawal. Ikan ini tak kalah populer dengan ikan lele. Seperti layaknya ikan lain, bawal juga kaya akan protein dan asam amino. Selain itu, bawal juga tinggi DHA, EPA, asam linoleat, Omega 3, vitamin A, vitamin B12, Potassium, dan Vitamin D3.

Adanya kandungan asam Omega 3 tersebut, ikan bawal mampu mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung. Selain itu, bisa juga mencegah stroke.

Namun perlu diketahui, ikan tawar jenis ini mengandung 120ml kolesterol setiap 100 gramnya. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak berlebihan ketika menyantap hidangan dengan ikan satu ini. Perhatikan juga cara mengolahnya agar ikan bawal tak hanya enak tapi juga menyehatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini