Share

5 Cara Konsumsi Saffron, Rempah Termahal di Dunia yang Kaya Nutrisi

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Senin 08 Agustus 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 298 2643916 5-cara-konsumsi-saffron-rempah-termahal-di-dunia-yang-kaya-nutrisi-vee3fbnILy.jpeg Cara konsumsi saffron (Foto: Timesofindia)

SEBAGAI obat tradisional, Saffron memiliki manfaat yang cukup banyak. Tak heran jika safron termasuk rempah dan herbal paling mahal. 

Manfaat safron mulai dari sumber antioksidan, membantu melawan sel kanker, meringankan keluhan alzheimer, mengurangi kadar gula darah, hingga dapat menurunkan berat badan. Tapi, cara mengonsumsi safron tak bisa sembarangan bila ingin hasil manfaat maksimal. 

Lantas, bagaimana cara minum saffron yang benar? Berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber, Senin, (8/8/2022).

1. Saffron dicampur dengan lauk

Saffron

Biasanya saffron menjadi tambahan untuk makanan seperti sup atau hidangan nasi untuk meningkatkan cita rasa makanan. Anda bisa menggunakan 1-2 helai safron untuk memberikan warna dan rasa pada hidangan.

2.Saffron yang diseduh

Sehelai saffron biasanya akan diseduh sebelum digunakan. Ada aturan mengenai berapa banyak helai saffron yang diseduh dan bagaimana cara menyeduh saffron yang benar.

Untuk proses penyeduhan saffron, maka kamu hanya perlu mengambil 3 hingga 5 helai saffron dan mencampurnya dengan 500 ml hingga 1 liter air.

Nah, yang perlu diperhatikan di sini adalah jenis air yang digunakan. Untuk menyeduh saffron, sebaiknya menggunakan air dengan suhu netral ataupun air hangat dan jangan menggunakan air panas atau air mendidih.

Nutrisi dan manfaat dari saffron tidak akan didapatkan dengan maksimal. Dalam sehari, Anda bisa mengkonsumsi 3 helai per proses seduh.

Untuk proses penyeduhan, Anda tidak perlu mencuci saffron. Langsung saja masukkan ke dalam gelas dan berikan air. Jika menggunakan air hangat, seduh saffron selama 15 menit dan 30 menit untuk air dengan suhu netral.

Jika proses seduh sudah selesai, maka Anda tinggal meminumnya saja sebagaimana mengkonsumsi minuman biasa.

3. Saffron yang direndam

Merendam safron menjadi cara paling umum menggunakan rempah herbal ini. Benang saffron direndam ke dalam air, susu, atau kaldu. Biarkan meresap selama sekitar 10-15 menit sebelum dikonsumsi atau sebelum ditambahkan ke dalam masakan.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

4. Saffron yang dihancurkan

Saffron

Anda bisa menghancurkan atau menghaluskan saffron untuk dimasukkan ke dalam semangkuk sup dan saus salad. Atau, Anda juga bisa meremukkan setiap lembar safron dengan jari-jari lalu mengonsumsinya langsung.

Anda juga dapat menyiapkan saffron bubuk. Caranya, dengan menggiling saffron bentuk benang menggunakan lesung dan alu. Jika kesulitan menggiling benang karena kadar airnya, tambahkan sedikit gula, lalu haluskan.

5. Sari Saffron

Anda bisa membuat sari saffron dengan menambahkan 3 hingga 5 sendok teh air hangat atau air mendidih ke bubuk saffron dan biarkan meresap selama 5 hingga 10 menit. Simpan dalam toples selama beberapa minggu dan gunakan saat dibutuhkan.

Sari saffron juga bisa dibuat dengan susu atau cuka, sebagai pengganti air. Biasanya ditambahkan ke bahan lain menjelang akhir memasak untuk mengeluarkan warna dan menyebarkan rasa ke seluruh hidangan.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini