Share

Rafathar Pilih Bawa Bekal Makan Siang ke Sekolah, Ini 6 Manfaatnya

Pradita Ananda, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 298 2644010 rafathar-pilih-bawa-bekal-makan-siang-ke-sekolah-ini-6-manfaatnya-TurUx1rEKz.JPG Rafathar Ahmad, (Foto: Rans Entertainment/ Instagram @raffinagita1717)

NAGITA Slavina baru-baru ini mengungkapkan, sang anak sulung, Rafathar Malik Ahmad yang sudah mulai sekolah PTM (pertemuan tatap muka) atau sekolah secara langsung.

Berangkat sekolah, Nagita menyebut kalau Rafathar selalu menolak saat ditanya ingin uang jajan berapa. Ternyata, saat sekolah Rafathar lebih memilih untuk membawa bekal makan siang dari rumah daripada jajan.

"Dia tuh Alhamdulillah ya, jadi kan ini mulai offline lagi. Terus kemarin, 'Gimana A ini mau uang jajan nggak?' 'Enggak Ma, Aa nggak mau jajan, Aa mau bekal saja dari rumah," ungkap Nagita Slavina dikutip dari kanal YouTube TS Media.

Membawa bekal makan siang ke sekolah, meski tampak sederhana ternyata banyak manfaatnya loh. Baik itu bagi orang tua atau pun bagi sang anak sendiri. Apa saja manfaatnya? Melansir Totsnteens, Senin (8/8/2022). berikut enam ulasan manfaat membawa bekal makan siang ke sekolah, seperti dijelaskan para pediatri dari Tots N Teens.

1. Ada kontrol pada orang tua: Dengan membawakan bekal makan ke sekolah untuk anak, orang tua akan selalu tahu apa yang akan anak makan. Dengan kontrol ini, para orang tua dapat merencanakan makanan anak secara strategis dan memastikan bahwa anak-anaknya dapat nutrisi yang tepat untuk melindungi kesehatan anak itu sendiri.

2. Bisa pastikan soal alergi: Jika punya anak dengan kebutuhan diet atau makan khusus, contohnya punya alergi makanan, maka memang sebaiknya bawa bekal makan siang dari rumah. Dengan ini, bisa memastikan anak-anak mengonsumsi makanan yang sehat dan aman, menghindari alerginya.

3. Provide makanan ke anak: Biasanya, banyak sekolah menawarkan kepada siswa satu atau dua pilihan untuk dipilih setiap hari di kafetaria. Nah, bisa jadi anak kita tidak suka salah satunya atau malah tidak suka semuanya dan akhirnya terpaksa makan makanan yang tidak mereka sukai atau justru malah mogok makan. Salah satu manfaat terbesar dari bawa bekal dari rumah, orang tua jadi tahu pasti bahwa anak mendapatkan makanan yang mereka sukai. Dengan mengganti menu makan siang anak juga, orang tua bisa memastikan bahwa anak tidak pernah bosan dengan apa yang mereka makan. Ketika anak-anak tidak terlalu dibatasi dalam makanan mereka, mereka cenderung mengembangkan kebiasaan makan yang lebih sehat di kemudian hari.

4. Lebih sehat: Makanan sehat sangat penting, makan siang yang sehat telah terbukti membantu meningkatkan kinerja akademis anak, memberi mereka nutrisi untuk berkembang lebih baik secara kognitif.

5. Ramah lingkungan: Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu lingkungan, ya dengan cara membawakan bekal makan siang untuk anak. Pastikan Anda menggunakan wadah, botol, dan kotak makan yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi limbah. Jangan lupa beri tahu anak dampak sampah, seperti sampah plastik hingga sampah makanan terhadap planet bumi dan bagaimana membawa bekal makan siang ternyata bisa membantu menyelamatkan bumi.

6. Mengajarkan tanggung jawab: Ya, ini bisa jadi media mengajarkan tanggung jawab pada anak. Beberapa orang tua mungkin merasa kesulitan untuk mengatur makan siang anak mereka sehari-hari, triknya ialah dengan mengajari anak-anak untuk bisa melakukannya sendiri. Bukan cuma meringankan tugas, tapi ini memberikan kesemapatan ke anak agar bisa mempelajari keterampilan dan tanggung jawab penting. Sehingga kebiasaan baik ini bisa terbawa hingga dewasa nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini