Share

5 Tips Merawat Rambut yang Harus Jadi Rutinitas

Novie Fauziah, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 611 2643952 5-tips-merawat-rambut-yang-harus-jadi-rutinitas-LjkePT7Kdp.jpg Ilustrasi Perawatan Rambut. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT merupakan mahkota bagi para perempuan, tidak heran jika mood mereka akan terganggu jika tengah mengalami bad hair day. Bahkan, beberapa orang rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan rambut yang indah.

Jadi, tidak heran jika menemukan produk yang cocok, maka akan sulit berpaling pada merk hair care lainnya. Agar rambut tetap indah berkilau, khususnya sehat tentunya diperlukan merawatnya sebagai rutinitas yang perlu dijaga setiap hari.

Dilansir dari laman Health Line, meskipun jenis dan masalah rambut Anda akan mengubah rutinitas perawatan rambut dalam beberapa hal, ada langkah-langkah dasar yang dapat dimanfaatkan ketika ada waktu luang. Berikut ini tips merawat rambut yang bisa Anda praktikkan sebagai rutinitas harian atau mingguan.

Bersihkan dengan Shampo

Agar rambut bersih dari kotoran yang menempel, maka Anda harus membersihkannya dengan shampo sesuai dengan tipe atau jenis rambut. Selain itu saat ini cukup banyak yang memproduksi shampoo memiliki wangi yang tahan sampai seharian, dan tengah viral di media sosial seperti TikTok.

Tanpa pencucian yang baik, sebum akan menumpuk, meninggalkan sifat berminyak yang tidak diinginkan. Terutama bagi Anda yang punya masalah ketombe, tentunya harus diperhatikan cara mencuci dan pemilihan shamponya.

Merawat Rambut

Conditioner dan Masker Rambut

Setelah keramas, step selanjutnya adalah menggunakan masker rambut dan juga conditioner. Kedua hair care ini berguna, agar rambut Anda tetap terawat, kuat hingga ke akar dan juga lembut.

Seperti shampoo, pemilihan hair mask atau masker rambut ini juga harus disesuaikan dengan jenis rambut yang Anda miliki. Caranya, setelah rambut bersih dari shampoo peras (rambut) lebih dulu agar airnya berkurang.

Kemudian gunakan masker rambut yang dioles dari mulai kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat-pijat kulit kepala Anda sebentar, kemudian diamkan mulai dari 10 hingga 15 menit. Tapi Anda juga bisa menggunakannya hanya di bagian ujung rambutnya saja. Lalu bilas. "Kalau aku sih pakainya enggak sampai ke akar rambut," kata @rzfany.

Gunakan Vitamin Rambut

Setelah rambut Anda benar-benar kering, gunakan vitamin agar rambut Anda benar-benar bisa terawat seutuhnya. Pakaikan dari ujung akar hingga ujung rambut, gosok secara perlahan sampai meresap. Ada banyak pilihan vitamin untuk rambut, dan bisa disesuaikan dengan masing-masing jenis rambut yang Anda miliki.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Keringkan Rambut Anda Secara Alami

Ada berbagai cara mengeringkan rambut, bisa Seca alami atau menggunakan hair dryer. Namun tahukah Anda, jika mengeringkan memakai alat tersebut, lama kelamaan bisa membuat rambut jadi rusak.

Oleh karena itu, jika sedang tidak terburu-buru maka keringkan rambut secara alami. Pertama-tama Anda mengeringkannya dan bungkus dengan handuk kering. Diamkan beberapa menit hingga airnya meresap. Setelah itu, buka handuk yang membungkus rambut Anda tadi. Meskipun airnya tidak seutuhnya meresap dan rambut masih terasa basah, maka diamkan saja hingga benar-benar kering dengan sendirinya.

Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Rambut basah rapuh dan rentan patah. Biarkan rambut Anda kering lalu gunakan sisir bergigi jarang. Sisir henis ini dapat mencegah kerusakan pada rambut Anda. Begitu juga dengan di salon-salon, biasanya para penata rambut akan menggunakan sisir gigi jarang ini. Khususnya bagi Anda yang berambut ikal, maka disarankan memakai sisir jenis ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini