Share

Sering Berlindung di Balik Kata Cuma Teman, Waspadai 4 Tahap Perselingkuhan Emosional!

Putra Syah Norens, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 612 2644211 sering-berlindung-di-balik-kata-cuma-teman-waspadai-4-tahap-perselingkuhan-emosional-93ptAomTzk.jpg Perselingkuhan emosional (Foto: Love to know dating)

PERSELINGKUHAN emosional adalah area abu-abu dari sebuah hubungan. Biasanya perselingkuhan emosional terjadi pada seseorang yang memiliki hubungan romantis dengan orang lain di luar pernikahan atau hubungan jangka panjang.

Misalnya saja menimpa seseorang yang menikah, lalu dia menjalin hubungan pertemanan yang intens dengan seorang seseorang perempuan, teman kerjanya. Awalnya hanya niat berteman saja, namun lama-lama timbullah perasaan suka.

Meskipun pelaku perselingkuhan emosional tidak melakukan tindakan fisik, seperti mengajak teman dekatnya atau TTM-nya itu untuk berhubungan badan, namun perasaan suka itu bisa sangat kuat dan cukup kuat untuk bisa menyakiti pasangan jangka panjang mereka jika mereka mengetahuinya.

Terdapat sebuah penelitian mengenai masalah perselingkuhan emosional yang bisa memprediksi pola yang jelas dan linier tentang bagaimana perselingkuhan emosional dapat berkembang dari waktu ke waktu.

Berikut ini 4 tahap perselingkuhan dari sisi emosional yang perlu Anda waspadai, dikutip dari MissDateDoctor.

 teman dekat

1. Tahap pertama

Pada tahap pertama, Anda memulainya dengan menjalin persahabatan dan meningkatkan kedekatan emosional. Pada tahap ini, Anda bertemu seseorang yang Anda rasa nyaman untuk diajak bicara dan mulai menjalin hubungan dekat di luar hubungan resmi Anda.

Di situ mungkin Anda merasakan sebuah kecocokan pemikiran, gaya hidup, dan emosional satu sama lain. Anda mungkin menganggapnya sebagai bentuk menjalinkan persahabatan dengan baik. Dalam tahap ini, Anda hanya mencari teman curhat yang bisa diajak berbicara dan berbagi. Hal Ini dapat terjadi di tempat kerja, gym, di internet, traveling, atau di mana saja.

2. Tahap dua

Saat itulah Anda mulai berupaya mempertahankan hubungan baru Anda dengan teman dekat baru ini. Hal ini merupakan salah satu tahap yang paling penting dari perselingkuhan emosional. Pada tahap ini, Anda mulai merasa bergantung secara emosional pada hubungan baru Anda.

Anda mulai menghadapi kegelisahan tentang bagaimana jadinya jika pasangan Anda tahu dan tidak menyukai hubungan persahabatan ini. Lalu akhirnya Anda memilih untuk tetap diam dan merahasiakan hubungan baru Anda.

Anda juga menghibur diri sendiri bahwa Anda tidak melakukan sesuatu yang salah, toh kalian hanya teman, tidak ada hubungan seksual. Ternyata, tetap diam tentang hal itu membuatnya jauh lebih menarik dan mengasyikkan, dan itu membuat Anda perlu lebih mengamankan hubungan ini.

3. Tahap tiga

Pada tahap ini, Anda mulai memasukkan teman baru ini ke dalam hidup Anda. Anda menikmati saat menghabiskan waktu bersama, nongkrong bersama, bahkan WFH bersama hingga menyerupai awal berkencan dengan seseorang. Namun, Anda mengungkapkan kepada diri sendiri bahwa Anda bertemu dengannya hanya sebagai teman saja, tidak lebih. Jadi tidak ada yang salah dengan hubungan ini.

 BACA JUGA:Ini 5 Sisi Positif Pacaran dengan Berondong

4. Tahap empat

Jika hubungan ini tidak berhenti, maka Anda akan jauh bergerak menuju keintiman dengan teman dekat Anda. Pada tahap ini, Anda merasa sangat terhubung dengan orang tersebut. Ikatan yang telah Anda buat dengannya tampak lebih kuat dan tidak terpisahkan. Bahkan atas nama pertemanan, Anda memintanya untuk terus hadir dalam hidup Anda, meski mungkin si teman dekat juga punya kekasih lain. Intinya Anda tak mau dia tinggalkan.

Jika sudah begini, tinggal menunggu waktu saja Anda akan memulai hubungan fisik dengan si teman dekat. Jika semua masalah ini tidak diselesaikan dan koneksi ini tidak berakhir, maka akan mengarah pada kerusakan total hubungan Anda dengan pasangan resmi Anda. Dan ini akan jadi masalah serius. Makanya jangan terlena dengan ungkapan cuma teman saja. Karena kebanyakan hubungan cinta berawal dari pertemanan.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(DRM)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini