Share

Tips Kak Seto agar Anak Tak Mudah Termakan Bujuk Rayu Pergaulan Negatif

Kevi Laras, MNC Portal · Senin 08 Agustus 2022 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 612 2644213 tips-bangun-hubungan-yang-sehat-dengan-anak-ala-kak-seto-1FJAXClP3d.jpeg Kak Seto (Foto: Instagram Kak Seto)

MEMBANGUN hubungan yang sehat bagi keluarga perlu dilandasi dengan komunikasi yang baik. Hal tersebut disampaikan oleh Psikolog Kak Seto.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan hal pertama perlu dipahami yaitu adanya kontrol kepada anak-anak. Peran kontrol dilakukan oleh keluarga, seperti sering melakukan diskusi bersama.

"Jadi harus ada semacam kontrol dimana tidak harus sendirian. Kontrol ini ya bisa dari keluarga, selalu dibangun komunikasi yang efektif di dalam keluarga," kata Prof. Dr. H. Seto Mulyadi, S.Psi, M.Si, Psikolog atau Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) kepada MNC Portal, Senin (8/8/2022)

"Adanya tradisi untuk berdialog atau semacam rapat keluarga yang teratur. Adanya diskusi atau ngobrol asyik relatif lebih kuat pertahanan dirinya, dari bujuk rayu dari hubungan," sambungnya

Kak Seto

Apa manfaatnya?

Salah manfaat yang bisa didapatkan bagi anak, tentunya anak jadi lebih kuat karena berprinsip. Kemudian, komunikasi yang efektif terjalin di keluarga, anak jadi bisa tertanam bagaimana budaya, istiadat, norma,dll.

Anak pun bisa terhindar dari bujuk rayu atau hubungan tidak bertanggungjawab. Di mana Kak Seto menerangkan dalam hubungan hanya sekadar main-main, seperti one night stand bisa menimbulkan dampak berkepanjangan.

"Yang bisa menghargai norma-norma dan istiadat akan tidak mudah termakan bujuk rayu. Juga dari hal-hal yang tidak bertanggung jawab, hingga dampak berkepanjangan tadi (one night stand)," jelas Kak Seto

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini