Share

Viral Curhat Camat Payakumbuh Timur Dicopot Jabatannya Gegara Catwalk ala Citayam Fashion Week

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Rabu 10 Agustus 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 612 2645129 viral-curhat-camat-payakumbuh-timur-dicopot-jabatannya-gegara-catwalk-ala-citayam-fashion-week-s5qbfZ4S4Y.jpg Curhat Camat Payakumbuh Timur (Foto: TikTok)

NAMA Dewi Novita atau akrab disapa Dewi centong baru-baru ini viral di media sosial karena cerita pencopotan jabatannya sebagai Camat Payakumbuh Timur, Sumatera Barat.

Pencopotan jabatan tersebut merupakan buntut dari konten viral ala-ala Citayam Fashion Week yang dia unggah di akun TikTok dan Instagramnya.

Camat Payakumbuh Dicopot

Dewi Centong mengunggah sebuah video catwalk ala model Citayam Fashion Week di jalanan sekitar Simpang Benteng, yang merupakan salah satu tempat bersejarah di kota Payakumbuh.

Dalam video tersebut, Dewi Centong tak hanya berlenggak lenggok dengan outfit modis berwarna ungu, namun juga memakai seragam dinasnya. .

Bukan mendapat pujian, konten itu pun justru mendapatkan komentar negatif dari MUI Payakumbuh. Mereka menilai, konten yang dibuat Dewi Centong tidak sesuai dengan norma agama dan budaya adat Minangkabau yang kental dengan ajaran Islam.

Camat Payakumbuh Dicopot

“Yth, Ibu Camat Payakumbuh Timur. Kami mohon dengan hormat agar postingan ibu ini dapat dihapus, dengan beberapa pertimbangan berikut,” ujar akun Instagram @muipayakumbuh, di kolom komentar unggahan Dewi Centong.

“Konten ini tidak sesuai dengan norma agama dan budaya/ adat Minangkabau yang bernafaskan Islam. Dimana falsafah Adat Basandi Syara’, Syara' Basandi Kitabullah menjadi acuan hukum dan norma di masyarakat. Mohon ibu memperhatikan pula "alua jo patuik" sebelum membuat konten yang akan menjadi sorotan publik. Jangan latah mengikuti apa yang sedang tren/ viral, karena ibu adalah pejabat publik yang akan menjadi contoh/ tauladan bagi masyarakat,” lanjut akun tersebut.

Puncaknya, Dewi Centong dilaporkan ke Walikota Payakumbuh atas kontennya yang dianggap tidak mencerminkan contoh yang baik bagi seorang pejabat publik tersebut. Lalu, ibu dua anak ini pun dicopot jabatannya sebagai camat Payakumbuh.

Pasca pencopotan jabatannya, Dewi Centong melalui akun TikToknya mengungkapkan kekecewaannya terhadap sikap MUI Payakumbuh yang dinilai sangat tidak objektif.

Dia juga menyindir MUI Payakumbuh karena telah menghancurkan karir dan impiannya sebagai seorang ibu yang saat ini harus memberi menghidupi kedua anaknya.

“Terimakasih MUI kota Payakumbuh, sudah membuat hancur semua impian aku. Tapi yanh anehnya di daerah lain di Sumatera Barat yg membuat video seperti ini tdk dikomen sama sekali. Apakah ini salah satu cara utk menghancurkanku sehingga semua impianku hancur lebur dlm sekejap mata,” ungkap Dewi Centong.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini