Share

Menlu Retno Marsudi Acungkan Jempol untuk Heritage Diplomacy Jagantara: Merayakan Kekayaan Budaya

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 11 Agustus 2022 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 194 2646296 menlu-retno-marsudi-acungkan-jempol-untuk-heritage-diplomacy-jagantara-merayakan-kekayaan-budaya-DOLphEviZI.JPG Menlu Retno Marsudi di Jagantara, (Foto: MPI/ Aldhy Chandra)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mengapresiasi Heritage Diplomacy Jagantara yang diinisiasi Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation. Menurutnya acara seperti ini adalah bentuk merayakan kekayaan budaya.

"Adanya Heritage Diplomacy di Jagantara yang diinisiasi WBI Foundation bisa meredakan ketegangan yang ada saat ini sekaligus bentuk merayakan kekayaan budaya Indonesia," katanya saat ditemui langsung di Ashta District 8 SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).

Pada acara ini, tamu undangan bisa melihat 8 instalasi patung mengenakan dress yang terinspirasi dari 8 negara sahabat Indonesia. Menlu Retno pun 'angkat jempol' akan instalasi Heritage Diplomacy tersebut.

"Di instalasi tersebut, kita bisa melihat bagaimana budaya bisa menjadi jembatan antara Indonesia dengan negara lain. Bahkan saya secara pribadi memberi penghargaan untuk para desainer yang terlibat dalam pembutan instalasi Heritage Diplomacy," ujar Menlu Retno.

"Mereka adalah desainer muda yang berhasil menyatukan budaya negara-negara sahabat dengan kain wastra Nusnatara. Jadi, instalasi terlihat sangat menarik karena menonjolkan keindahan negara yang dipilih untuk ada di Heritage Diplomacy ini, tapi tetap mengedepankan keindahan kain Indonesia," tambahnya.

(Foto: MPI/ Aldhy Chandra)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Terpantau dalam acara ini, bahkan hadir pula beberapa duta besar negara sahabat. Semuanya pun turut mengapresiasi karya desainer Indonesia yang bisa 'mengawinkan' budaya negara lain dengan keindahan budaya Indonesia.

Salah satunya datang dari Dubes Meksiko untuk Indonesia Armando G. Alvarez. Menurutnya, apa yang diciptakan desainer Indonesia di instalasi Heritage Diplomacy ini begitu indah.

"Menakjubkan sekali melihat koleksi desainer Indonesia yang berhasil membuat dress yang terinspirasi busana perempuan Meksiko," puji Dubes Armando.

Selain Meksiko, ada juga China, Kenya, Spanyol, Jepang, Polandia, India, dan Korea Selatan. Instalasi Heritage Diplomacy ini bisa Anda lihat di acara Jagantara yang diselenggarakan hingga 21 Agustus mendatang.

 BACA JUGA:Dress Wastra Terinspirasi Perempuan Kenya Rancangan Didiet Maulana Hadir di Jagantara

BACA JUGA: Liliana Tanoesoedibjo Apresiasi Anak Muda Ikut Lestarikan Budaya Indonesia di Jagantara

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini