Share

Olahan Sagu Tak hanya Lezat tapi Kaya Manfaat, Yummy!

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 11 Agustus 2022 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 298 2645878 olahan-sagu-tak-hanya-lezat-tapi-kaya-manfaat-yummy-XfiYHe3l3U.jpg Jokowi saat hadiri bazar UMKM HUT PPAD di Sentul (Foto: Ist)

SAGU adalah makanan pokok masyarakat Papua. Pangan yang satu ini bukan hanya lezat, tapi juga kaya manfaat.

Ya, sagu bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti mie, makaroni, hingga keripik sagu. Varian menu tersebut tentunya tetap akan menonjolkan rasa sagu yang khas.

Jokowi

Dijelaskan Jenny Widjaja, pendiri Sagolicious Papua, sagu bisa dikreasikan menjadi produk pangan yang lebih universal. Artinya, semua orang bisa menikmati sagu tanpa ragu akan rasanya.

Jenny menjelaskan, dirinya tertarik mengembangkan bahan sagu menjadi makanan olahan modern karena selain enak di makan, sagu juga punya nilai gizi yang optimal.

"Sagu punya banyak kelebihan, misalnya free gluten, tidak mengandung GMO, pangan organik, low GI yang mana itu sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi yang mau tetap sehat," ungkap Jenny, dalam keterangan resminya.

Karena rendah gula, sagu dianggap cocok juga untuk mereka yang memiliki diabetes. Bahkan, sagu dinilai baik untuk jantung hingga aman untuk mereka yang memiliki masalah maag.

Jokowi

Salah satu kreasi sagu yang cukup banyak disukai masyarakat adalah mie dan pasta. Menurut Jenny, produk tersebut bisa sangat umum disukai oleh siapapun. "Bahkan, bisa dibawa ke pasar Internasional," tambahnya.

Lebih lanjut, Jenny memercayai bahwa generasi milenial bisa sangat familiar dengan pangan olahan sagu. Hal ini karena keunikan sagu itu sendiri, punya nilai gizi yang kerap jadi pertimbangan masyarakat zaman sekarang, bahkan karena inovatifnya produk tersebut.

"Produk olahan yang dibuat dengan bahan alami yang ada di Nusantara menjadi nilai pertimbangan masyarakat dalam mengonsumsi satu makanan. Itu kenapa, makanan yang mengangkat kekayaan Indonesia bisa lebih diapresiasi," ujar Jenny.

"Soal sagu, pangan yang satu ini karena gluten free, membuatnya tidak memerlukan pengawet. Ini yang jadi alasan lain kenapa sagu mulai disukai di zaman sekarang," tambahnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini