Share

Intip Tips Memasak Nasi Sepulen Nasi Jepang Hanya dalam Satu Klik

Rizqa Leony Putri , Okezone · Jum'at 12 Agustus 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 12 2646408 intip-tips-memasak-nasi-sepulen-nasi-jepang-hanya-dalam-satu-klik-XyogxlHerK.jpg Rice cooker Donabe. (Foto: Dok. Polytron)

Kalau Anda makan di restoran Jepang, Anda akan mendapatkan atmosfer Jepang yang serba tertib, bersih, dan hangat. Mulai dari penyajian hidangan hingga cara makan dan peralatan yang digunakan untuk bersantapnya.

Dalam tradisi Jepang tidak menggunakan sendok untuk peralatan makan, namun menggunakan sumpit. Bahkan saat yang disantap nasi dan sayur berkuah pun mereka tetap menggunakan sumpit.

Menyuapkan nasi ke mulut menggunakan sumpit bisa dilakukan dengan mudah karena nasi Jepang sangat pulen dan tidak terpisah-pisah. Teksturnya yang lembut-kenyal juga tidak menyulitkan penggunaan sumpit, apalagi untuk yang sudah biasa. Dengan tekstur lembut-kenyal, nasi Jepang tidak hanya enak dipandang tapi nikmat dan gurih saat disantap.

Anda juga bisa menghadirkan nasi pulen ala Jepang di rumah. Caranya tidak terlalu sulit, Anda tak perlu terbang ke Jepang untuk belajar memasak nasi pulen ala Jepang. Cek tips berikut ini untuk mendapatkan hasil seperti nasi pulen yang anti gagal di dapur Anda.

Pertama, pastinya beras harus dicuci lebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam tabung rice cooker. Cucilah menggunakan air bersih yang mengalir, bilaslah jangan lebih dari tiga kali, agar gizi dan seratnya tidak terbuang. Walaupun air cucian masih terlihat keruh, namun justru gizi dari beras masih terdapat di beras yang akan dimasak.

Kedua, penggunaan air untuk memasak beras juga harus diperhatikan baik-baik. Takarannya adalah perbandingan 1:2 untuk beras dan air. Jadi, misalkan Anda memasak seliter beras, maka airnya jangan lebih dan jangan kurang dari dua gelas. Memang ada beberapa jenis beras yang memerlukan lebih banyak air untuk memasaknya. Tetapi umumnya adalah 1:2.

Ketiga, aduklah beras yang Anda masak setelah kira-kira 20-30 Menit. Kalau menggunakan panci di atas kompor, nyalakan kompor dengan api kecil selama 20-30 menit. Setelah tanak, diamkan hingga kurang lebih 5-10 menit agar beras di dasar panci juga matang sempurna.

Tetapi bila memasak dengan rice cooker Anda tinggal menunggu tombol 'cook' berubah menjadi 'warm'.

 

Rice cooker Donabe (Foto: Polytron)

Nah, supaya tak pernah gagal menghasilkan sepulen nasi Jepang hanya dalam satu klik, masaklah beras Anda menggunakan rice cooker Donabe dari Polytron.

Dengan teknologi Donaheat 3D, pemanasan lebih merata dari tiga arah, sehingga menghasilkan nasi jadi lebih pulen seperti nasi Jepang.

Rice cooker Donabe dari Polytron sangat cocok untuk keluarga, karena meiliki kapasitas hingga dua liter beras sehingga dapat memasak nasi lebih banyak untuk segenap keluarga.

Material inner pot Rice Cooker Donabe berbahan dasar ceramic coating sehingga membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Penutup alumunium dan inner pot yang dapat dilepas memudahkan Anda untuk membersihkan rice cooker dari kerak dan bakteri.

Pastinya, Rice Cooker Donabe tidak hanya ahli untuk memasak nasi, tapi bisa digunakan juga untuk memanaskan dan mengukus. Pokoknya rice cooker Donabe membuat urusan dapur lebih praktis.

Yuk cek sekarang juga rice cooker Donabe di website resmi Polytron atau official store di e-commerce kesayangan Anda ya.

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini