Share

10 Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami, Dijamin Ampuh!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 12 Agustus 2022 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 612 2646720 10-cara-mengusir-kecoa-dengan-bahan-alami-dijamin-ampuh-jyr5JYvPSq.jpg Ilustrasi Usir Kecoa (Foto: Times Of India)

10 cara mengusir kecoa yang ampuh tanpa disentuh menarik untuk dibahas. Kecoa adalah salah satu musuh bagi ibu-ibu. Selain cukup meninggalkan bau tak sedap, tentu saja keberadaan kecoa tak sedap dipandang.

Anda tentu tak ingin malu di hadapan tamu hanya karena kehadiran kecoa secara tiba-tiba di ruang tamu atau kamar tamu. Untuk mengusir kecoa bahkan sebelum dia datang,

Berikut 10 cara mengusir kecoa yang ampuh tanpa disentuh dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Daun salam

Daun Salam usir kecoak

Daun yang satu ini sangat mudah didapat karena merupakan bumbu dapur. Daun salam sangat efektif mengusir kecoa di dalam rumah. Caranya, letakkan seikat daun salam di dekat lubang wastafel, sudut dan celah-celah di mana kecoa biasa keluar. Anda juga bisa meletakkan seikat daun salam di dalam lemari untuk melindungi buku dan pakaian dari kecoa.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

2. Cairan amonia

Anda juga bisa memanfaatkan bau tajam dari amonia untuk menangkal kecoa. Tuangkan secangkir amonia ke dalam seember air dan bilaskan ke wastafel serta toilet untuk membersihkan pipa. Bau tajam dari amonia ampuh mengusir kecoa.

3. Kapur barus (kamper)

Bau kapur barus juga bisa menangkal berbagai jenis hama, tak terkecuali kecoa. Letakkan beberapa kapur barus di dalam lemari Anda untuk menghindarkan pakaian dan isinya dari kecoa. Namun, hindarkan kapur barus dari jangkauan anak-anak karena cukup berbahaya.

4. Minyak mint

Daun Mint Khasiat

Jika Anda ingin sesuatu yang lebih lembut, alami, dan tidak beracun, gunakan minyak mint untuk mengusir kecoa. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak mint langsung ke kecoa atau tempat biasa bersarangnya kecoa dan sudut dapur. Namun, cara kerja minyak mint tidak secepat yang lainnya.

5. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial tak hanya membuat ruangan anda harum, namun wangi-wangi tertentu bisa digunakan untuk mengusir kecoa. Seperti wewangian lavender atau peppermint.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan minyak esensial ke sebotol air bersih lalu semprot ke area yang menjadi sarang atau rumah kecoa.

6. Dengan soda kue atau baking soda

Soda kue atau baking soda tidak hanya dimanfaatkan sebagai campuran bahan pembuatan kue saja. Namun bisa Anda gunakan untuk membasmi kecoa.

Caranya adalah dengan mencampurkan gula dan soda kue dan letakan di tempat yang disukai kecoa, seperti tempat yang lembab dan kotor. Gula digunakan karena bisa menarik perhatian kecoa.

7. Catnip

Khasiat Catnip

Catnip merupakan sebuah tanaman yang disukai oleh kucing. Di dalam tumbuhan tersebut terdapat bahan kimia aktif yang mampu mengusir serangga. Meski demikian kandungan ini tidak berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan anda.

Anda bisa menggunakan rebusan daun catnip yang sudah didinginkan untuk disemprotkan ke kecoa-kecoa.

8. Petroleum Jelly

Tak hanya bermanfaat bagi kulit, petroleum jelly bisa juga digunakan untuk membasmi kecoa nakal yang bersarang di rumah anda.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan petroleum jelly dengan gula dan oleskan campuran tersebut di atas karton.

9. Air panas dan cuka

Campuran air panas dan cuka rupanya cukup efektif dalam mengusir kecoa tanpa harus repot-repot menyentuh serangga tersebut. Cairan tersebut bias Anda tuangkan ke saluran pembuangan air atau tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat tinggal kecoa.

10. Mentimun

Kecoa disinyalir tidak menyukai aroma mentimun, sehingga serangga ini akan menghindarinya. Anda bisa memanfaatkan timun dengan cara mengirisnya menjadi beberapa potong lalu letakkan di tempat-tempat yang banyak kecoa.

 (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini