Share

Ini Manfaat Masak Bareng Anak Menurut Psikolog, Gak Cuma Seru-seruan!

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 12 Agustus 2022 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 612 2646735 ini-manfaat-masak-bareng-anak-menurut-psikolog-gak-cuma-seru-seruan-VUGzmZXc8J.jpg Masak bareng anak (Foto: Timesofindia)

ADA manfaat masak bareng anak dari kacamata psikologi. Bukan hanya soal bonding yang semakin kuat, tapi juga memberikan anak tanggung jawab serta menghargai makanan.

Tapi, untuk mengajak anak masak bareng tentu diperlukan persiapan yang baik. Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah melibatkan anak dalam perencanaan.

"Anak harus diikutsertakan dalam keputusan 'mau masak apa hari ini?'. Tidak hanya itu, anak juga diberi tugas saat memasak agar dia merasa dilibatkan dalam setiap prosesnya," kata Vera Itabiliana, Psikolog Anak, dalam paparannya di acara virtual KRAFT Quick Melt, beberapa waktu lalu.

Masak Bareng Anak

Tugas yang diberikan ke anak saat proses masak pun jangan dibatasi, meski tentu kegiatan yang berbahaya untuk anak tidak direkomendasikan atau perlu pengawasan orang tua yang lebih ekstra.

BACA JUGA : Tips Kak Seto agar Anak Tak Mudah Termakan Bujuk Rayu Pergaulan Negatif

Tugas yang bisa dikasih ke anak misalnya menaburi bumbu masakan, atau kata Vera, si anak bisa ikut 'nge-roll' jika menu masakannya menggunakan kulit lumpia atau sejenisnya.

"Kalau sudah begini, orangtua jangan kemudian mengoreksi hasil kerja si anak, bilang apa yang dilakukannya salah dan malah menyebut bantuan yang diberikan si anak merepotkan dan bikin berantakan," jelas Vera.

"Biarkan setiap momen dilalui dengan menyenangkan. Beri penghargaan kepada si anak karena sudah ikut terlibat di dapur dalam mempersiapkan makanan," tambahnya.

Hal penting yang harus dipahami para orangtua adalah membuat janji ke si anak untuk melakukan kegiatan memasak bersama. Ini penting agar anak punya kepercayaan lebih pada orangtuanya.

"Jadi, baik ibu dan ayah, sebaiknya punya waktu bersama dengan anak, dan momen memasak meski tidak setiap hari dilakukan, tapi ada baiknya dikerjakan bersama ibu dan ayah," saran Vera.

"Atur waktu luang dan pastikan ke si anak kalau ibu dan ayah akan menemani proses memasak dari awal sampai akhir, menikmati momen bersama dengan suka cita," lanjutnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini