Share

Berkunjung ke Medan? Ini 6 Rekomendasi Kuliner yang Bisa Dicicipi, Burung Puyuh Hingga Mi Bangladesh

Pradita Ananda, Okezone · Minggu 14 Agustus 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 298 2647462 berkunjung-ke-medan-ini-6-rekomendasi-kuliner-yang-bisa-dicicipi-burung-puyuh-hingga-mi-bangladesh-efO1P9ZXLW.jpeg burung puyuh rua-rua, (Foto: Okezone/Pradita Ananda)

MENGUNJUNGI Medan, Sumatera Utara mungkin sebagian orang hanya familiar dengan destinasi wisata populer seperti Danau Toba.

Tapi jangan salah, Medan bukan hanya menawarkan pesona wisata alamnya. Tapi juga wisata kulinernya loh!

Ya, berbagai kuliner khas dan halal jangan sampai terlewatkan jika Anda berkesempatan mengunjungi Medan. Mulai dari makanan berat, minuman, hingga makanan ringan. Apa saja sih kuliner halal dan enak yang bisa dijajal saat di Medan?

Berikut di bawah ini lima ulasan singkat enam rekomendasi kuliner Medan enak dan halal yang bisa Anda jajal, sebagaimana dirangkum Okezone saat berkunjung langsung ke Medan bersama #SerunyaJelajah Indonesia bersama TikTok Live.

1. Kopi Kok Tong: Banyak sekali kedai kopi Kok Tong tersebar di Medan, nah di sini Anda bisa sarapan ringan dengan secangkir kopi hitam ala Medan yang hanya dihargai sekitar Rp10.000. Jika Anda pecinta minuman dingin, tersedia juga es kopi susu dingin.

2. Roti srikaya dan bakpau kacang: Nah untuk menemani secangkir kopi hitam hangat yang ditemani sepiring roti panggang selai Srikaya dan bakpau hangat isi pasta kacang merah. Bakpau masing-masing hanya dihargai sekitar Rp10.000. Sarapan murah, mengenyangkan dan lezat ya!

3. Burung Puyuh: Anda familiar bukan dengan telur puyuh? Nah, di Medan Anda bisa langsung menikmati hidangan burung puyuh. Sajian burung puyuh yang digoreng renyah dengan bumbu marinasi atau bisa juga pesan burung puyuh rua-rua, yang memiliki rasa gurih dan smoky. Hidangan burung puyuh ini bisa Anda jajal di berbagai restoran yang ada di Kota Siantar dengan satu porsi berisi lima hingga enam potong burung puyuh dibanderol dengan kisaran harga Rp115.000 sudah lengkap bersama sambal hijau dan sambal kecap.

4. Mi Bangladesh: Jalan-jalan ke Medan, kurang afdol rasanya jika tak menjajal kuliner malam yang sangat terkenal di kota satu ini yakni mi Bangladesh. Ialah mi goreng instan yang diolah kembali dengan menggunakan bumbu khas, bumbu merah yang gurih dan kaya rempah. Disajikan dengan konsistensi lebih ‘nyemek’ bersama sate kerang. Dihargai hanya sekitar Rp13000, tak heran banyak warga lokal yang memilih mi Bangladesh ini sebagai kuliner malam. Selain hidangan mi, tersedia juga martabak mi yang disebut Mi Srilanka.

5. Nasi goreng Pemuda: Selain mi Bangladesh, bagi Anda yang lebih menyukai nasi, jangan sampai absen menjajal nasi goreng Pemuda. Nasi goreng rempah bercita rasa khas, dilengkapi irisan ayam dan telur goreng mata sapi. Uniknya, berbeda dengan nasi goreng biasanya, nasi goreng khas Medan ini disajikan bersama irisan daging sapi yang dipotong dadu. Soal harga, hanya dibanderol sekitar Rp17.000 saja per porsi. Murah bukan?

6. Cake jadul TipTop: Restoran TipTop merupakan salah satu destinasi kuliner populer di kota Medan. Restoran yang sudah berdiri sejak 1929 ini, para pengunjung bisa menyantap aneka hidangan klasik ala Eropa seperti cake-cake jaman dahulu yang menjadi andalannya. Mulai dari Horen, Blackforest cake, cake mocha, specolaas, moorkop (kue krim moka).

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini