Share

Pernah Diseruput Jokowi, Ini Dia Kopi Legendaris Khas Pontianak yang Nikmat

Novie Fauziah, Okezone · Senin 15 Agustus 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 298 2647720 pernah-diseruput-jokowi-ini-dia-kopi-legendaris-khas-pontianak-yang-nikmat-ktyir0vmTJ.jpg Kopi Aming yang legendaris (Foto: Novie/MPI)

PONTIANAK, Kalimantan Barat jadi salah satu kota besar yang cukup banyak dijadikan tujuan destinasi wisata. Di kota ini dikenal dengan deretan warung kopi yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan. Salah satunya yang paling terkenal adalah Kopi Aming atau populer dengan Aming Coffee.

Kopi satu ini merupakan khas Pontianak yang tidak boleh Anda lewatkan untuk mencobanya. Bahkan jadi salah satu kuliner legendaris di wilayah dengan sebutan Kota Khatulistiwa ini, tepatnya sudah ada sejak 1970 silam.

Kopi Aming

Tim MNC Portal Indonesia pun berkesempatan mencoba Aming Coffee langsung, yaitu di salah satu cabangnya di Jalan Lintas Melawi Komplek Golden Square, Ladang, Sintang, Kalimantan Barat.

Ada beberapa jenis menu kopi yang bisa Anda pesan, tiga yang paling favorit adalah kopi tarik, kopi Vietnam dan Vietnamese coffee milk. Harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp10,000 saja Anda sudah bisa menikmati segelas kopi legendaris ini.

Kopi Aming

Tak hanya kopi ada juga minuman lainnya, seperti teh tarik, teh susu dan coklat panas atau dingin. Tak lengkap rasanya jika minum kopi tidak disertai makanan pendampingnya. Di kafe ini juga ada pisang goreng, roti srikaya, chaikue, pangsit rebus dan goreng, hingga bakmi dengan topping ikan.

Salah satu wisatawan asal Jakarta bernama Noura mengatakan, ia sangat suka dengan kopi legendaris tersebut. Selain kopinya harum, nikmat dan ada rasa ciri khasnya tersendiri.

"Kopinya enak, rekomendasi dari teman juga," katanya kepada MNC Portal di Sintang, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Sementara itu, dikutip dari laman resmi Aming Coffee menyebutkan, sebelumnya, Aming Coffee pada 1970 sudah memproduksi kopi dan mendistribusikannya ke berbagai warung kopi di Pontianak, menjadi pionir rasa kopi lokal yang dirindukan warganya. Lalu 5 dekade kemudian, nama Aming Coffee tentunya menjadi sangat familiar di kalangan penikmat kopi, khususnya yang berlokasi di Kota Pontianak.

Kopi Aming

Kemudian seiring berjalannya waktu, datanglah kesempatan untuk memperkenalkan Aming Coffee, kopi lokal berkualitas kepada penikmat kopi yang lebih luas, jauh dari kota Pontianak.

Kini kopi legendaris ini sudah memiliki cabang di beberapa kota besar lainnya, seperti Bogor, Tangerang, Jakarta, Solo, dan Yogyakarta hingga di daerah-daerah Kalimantan lainnya.

Oh iya, sangking nikmatnya kopi ini juga sudah didatangi sejumlah artis, hingga presiden yaitu Joko Widodo (Jokowi). Ia mampir ke kedai ini hanya untuk menyeruput dan menikmati secangkir kopi legendaris serta khas Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini