Share

Pesona Ibu Negara Iriana Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Kenakan Kain Batik Penuh Filosofi

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 194 2648703 pesona-ibu-negara-iriana-jokowi-di-sidang-tahunan-mpr-kenakan-kain-batik-penuh-filosofi-GhyF7nBpWv.JPG Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, (Foto: Tangkapan layar Youtube MPR)

TAMPILAN visual Ibu Negara, Iriana Jokowi tidak boleh dilewatkan di setiap momen penting kenegaraan. Salah satunya, gaya tampilannya hari ini di Sidang Tahunan MPR 2022.

Hadir di Sidang Tahunan MPR 2022, Iriana Jokowi tampak sangat elegan dan anggun mengenakan dress kebaya panjang bersiluet baju kurung dengan detail brokat dengan embroidery cantik, dipadukan dengan kain Batik warna coklat sebagai bawahan.

Terpantau, Iriana Jokowi mengenakan kain Batik tradisional dengan motif Parang Gondosuli (Gandasuli). Disebutkan Agnes Dwina Herdiasti, desainer motif Batik dan penggiat Batik Tulis pewarna alami, kain Batik yang dikenakan ibu negara di sidang hari ini punya khas selang-seling permainan warna terang dan gelap.

"Kekhasan dari kain batik tersebut adalah baris-baris parang selang-seling antara warna gelap dengan warna terang, sehingga menjadikannya dinamis seperti elemen Yin dan Yang, maskulin dan feminin," jelas Agnes, kala dihubungi MNC Portal, Selasa (16/8/2022).

Motif parang yang pada umumnya cenderung maskulin pun menyimbolkan keteguhan hati dan kerja keras tanpa henti, tapi sekaligus bertemu dengan elemen feminin yang kontras yaitu bunga Gondosuli atau bahasa latinnya Hedychium Coronarium.

 

(Foto: tangkapan layar Youtube MPR RI)

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Jadi, sifat tegas dari Parang diimbangi dengan pesan menjadi pribadi yang lembut serta suka membantu sesama dari bunga Gondosuli," tambah Agnes.

"Perpaduan Parang Gondosuli ini merupakan perpaduan antara unsur maskulin dan feminin yang merupakan intisari kehidupan itu sendiri," lanjutnya.

(Foto: tangkapan layar Youtube MPR RI)

Tanaman gondosuli sendiri merupakan, salah satu tanaman herbal tradisional dengan berbagai manfaat. Bunganya harum dan sering diambil ekstraknya menjadi minyak atsiri atau essential oil.

Demikian makna di balik batik yang dikenakan Ibu Negara Iriana Jokowi saat menemani Presiden Jokowi di acara Sidang Tahunan MPR 2022. Penuh filosofi sekali bukan, makna di balik kain tersebut?

 BACA JUGA:Potret Keren Menlu Retno Marsudi Pakai Baju Adat Batak Toba di Sidang Tahunan MPR 2022

BACA JUGA:Potret Jokowi Pakai Baju Adat Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR 2022

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini