Share

Chef Marinka Berbagi Tips Diet untuk Penderita GERD

Tim Okezone, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 298 2648680 chef-marinka-berbagi-tips-diet-untuk-penderita-gerd-w3pt2WrA3Z.jpg Chef Marinka. (Foto: Instagram)

MEREKA yang memiliki penyakit refluks asam lambung alias GERD memang harus menjaga pola makannya. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang bervariasi, dari heartburn, nyeri dada, hingga masalah pada gigi dan jaringan di sekitarnya.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu simtom atau perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan (esofagus).

Nah, salah satu selebriti yang juga menderita GERD adalah Chef Marinka. Dia pun saat ini tengah menjalani diet bebas gluten, gluten free guna mengatasi GERD yang dia derita.

Chef Marinka

"Memilih bahan makanan yang lebih ringan untuk dicerna dan tidak membuat lambung mudah teriritasi adalah kunci," kata Chef Marinka seperti dilansir dari Antara.

Chef yang memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto itu mengatakan dia memilih bahan makanan alami sebagai konsumsi harian guna mengatasi masalah kesehatan yang ia derita. Dia juga mengganti tepung biasa menjadi tepung bebas gluten, protein yang terkandung di dalam gandum atau terigu.

"Apabila dikonsumsi terlalu berlebihan dapat mengiritasi lambung. Itu sebabnya aku berusaha untuk menghindari konsumsi gluten," kata Chef berusia 37 tahun itu.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Sekarang sebenarnya ini cukup gampang buat dapatkan tepung ataupun bahan makanan yang bebas gluten. Misalnya untuk tepung, itu aku ganti sama tepung Mocaf yang dibuat dari singkong," ujarnya.

Tepung mocaf sendiri, adalah tepung singkong yang dimodifikasi. Chef Marinka yang sempat menjadi juri Masterchef Indonesia itu juga mengatakan bahwa ia gemar menggunakan tepung Mocaf bebas gluten, salah satunya merupakan produk lokal dari Ladang Lima.

Tak hanya bebas gluten, tapi Mocaf dari Ladang Lima juga kaya serat, low glikemiks index, mengandung zat besi dan kalsium, serta tanpa proses pemutihan, sehingga aman dikonsumsi tubuh.

Tepung Mocaf Ladang Lima juga rendah GI sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes yang ingin membuat atau merasakan makanan lezat tanpa perlu khawatir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini