Share

7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar Padahal Sudah Makan, Anda Sering Melakukannya?

Melati Pratiwi, MNC Portal · Selasa 16 Agustus 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 298 2648892 7-kebiasaan-yang-bikin-cepat-lapar-padahal-sudah-makan-anda-sering-melakukannya-qBXFZfOqdc.JPG 7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar Padahal Sudah Makan, (Foto: Freepik)

7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar Padahal Sudah Makan, sering tak sadar dilakukan banyak orang. Normalnya, seseorang yang sudah menyantap makanan akan merasa kenyang. Namun sebagian orang bisa cepat merasa lapar kembali meski sudah makan sekali pun.

Hal ini bisa dipicu karena beberapa kebiasaan lifetsyle, yang kemungkinan bisa menjadi penyebab rasa lapar terus datang. Mengutip MedicineNet, rasa lapar mau pun nafsu makan diatur oleh interaksi kompleks antara sistem endokrin, pencernaan, dan neurologis.

Sistem endokrin, pencernaan, dan neurologis masing-masing mengirim sinyal ke otak untuk menentukan apakah sudah waktunya untuk memberi tubuh asupan makanan.

Nah, apakah Anda termasuk yang suka melakukan kebiasaan yang bikin cepat lapar padahal sudah makan? Merangkum Healthline, Selasa (16/8/2022) berikut ulasan singkat tujuh kebiasaan yang bikin cepat lapar padahal sudah makan.

1. Terganggu saat makan: Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang terganggu saat makan akan cenderung merasa kurang kenyang. Alhasil, keinginan untuk makan sepanjang hari bertambah besar. Bila ada sesuatu yang menganggu pikiran ketika makan, disarankan untuk berlatih mindfulness.

2. Makan kecepatan: Alias makan terlalu cepat, bisa menyebabkan kita jadi cepat lapar lagi. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ketika makan terlalu cepat, seseorang akan merasa kurang kenyang ketimbang kelompok orang yang makan dengan lebih lambat. Maka dari itu, yuk mulai coba untuk mengunyah makanan lebih teliti lagi dengan tempo yang tidak terlalu cepat.

3. Stress: Karena hormon kortisol meningkat ketika stress muncul. Hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar atau mengidam makan sesuatu.

(7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar Padahal Sudah Makan, Foto: Freepik)

4. Banyak olahraga: Kebiasaan selanjutnya yang membuat seseorang cepat lapar adalah olahraga. Seseorang yang banyak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga umumnya memiliki nafsu makan lebih besar serta metabolisme yang cepat.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

5. Kurang tidur: Rasa lapar yang muncul meskipun sudah makan bisa berasal dari produksi hormon ghrelin yang berantakan. Maka dari itu, tidur cukup sangat penting demi mengatur hormon ghrelin ini. Jika kurang tidur , kadar hormon ghrelin akan cenderung lebih tinggi. Usahakan untuk mengatur rutinitas tidur yang cukup untuk tubuh ya!

6. Asupan makanan kurang: Terkadang, merasa lapar kembali meskipun sudah makan hanya karena masalah sederhana. Seperti misalnya makanan yang Anda konsumsi di siang hari tidaklah cukup. Makanya

7. Gula darah tinggi dan resistensi insulin: Faktor penyebab terakhir ialah, mempunyai dua hal ini di tubuh secara signifikan dapat meningkatkan rasa lapar.

 

(7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar Padahal Sudah Makan, Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini