Share

Sensasi Mencicipi Sambal Ganja, Kuliner Khas Aceh yang Bikin Nagih

Syifa Fauziah, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 298 2648956 sensasi-mencicipi-sambal-ganja-kuliner-khas-aceh-yang-bikin-nagih-jXarxMhm0e.jpg Sambal ganja khas Aceh (Foto: Syifa/MPI)

ACEH salah satu destinasi wisata di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa. Tidak hanya destinasi wisatanya, Aceh juga memiliki sajian makanan yang menggugah selera. Salah satunya adalah sambal ganja.

Namun jangan salah paham dulu yah, sambal ganja khas Aceh ini tidak menggunakan daun ganja terlarang kok. Disebut sambal ganja karena saat Anda mencicipi nikmatnya luar biasa dan bikin ketagihan.

Sambal Ganja

Store Manager dari Kanabu Teuku Fitriansyah, mengatakan makanan sambal ganja ini halal dan aman dikonsumsi. Berbeda dengan sambal lainnya, sambal ganja ini tidak menggunakan tomat ataupun terasi. Hanya menggunakan dasar cabai, belimbing wuluh, bawang merah, garam, jeruk nipis, dan menggunakan udang khusus.

“Kami ingin membawa cita rasa masakan Aceh asli ke Ibu Kota. Selain itu kami juga mendekor restoran Kanabu dengan pelaminan khas Aceh yang bisa menjadi salah satu objek foto para pengunjung,” ujar Teuku kepada MNC Portal saat ditemui baru-baru ini.

Sambal Ganja

Sambal ganja berwarna kecoklatan dan kehijauan. Sekilas sambal ini terlihat tidak menarik karena warnanya yang agak pucat, namun ketika dicicipi rasanya sangat nagih.

MNC Portal sempat mencicipi sambal tersebut. Rasanya asam dan didominasi dengan rasa daun serai yang dominan. Rasa pedas pada cabai rawit hijau tidak terlalu kuat sehingga masih bisa dinikmati.

BACA JUGA : Aceh Punya Kekuatan di Sektor Wisata Kuliner, Kemenparekraf: Jadi Daya Tarik Wisatawan

Menikmati sambal ganja ini paling enak dengan ayam tangkap khas Aceh. Disebut ayam tangkap karena disajikan dengan taburan daun pandan dan daun koja.

Ayam tangkap Kanabu menggunakan ayam kampung yang dimarinasi dengan berbagai rempah kemudian digoreng. Rasa ayamnya sangat gurih dan pastinya meskipun menggunakan ayam kampung, tekstur dagingnya sangat lunak. Potongan ayam tangkap Kanabu cukup besar, satu ekor dibagi menjadi empat bagian.

Selain sambal ganja dan ayam tangkap, Kanabu juga menghadirkan menu lainnya seperti kari kambing, daging tangkap, kari bebek, dan ikan kayu.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini