Share

Makna dan Filosofi Dolomani, Baju Adat Buton yang Dipakai Jokowi di Upacara HUT Ke-77 RI

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 194 2649438 makna-filsofis-dolomani-baju-adat-buton-yang-dipakai-jokowi-di-upacara-hut-ke-77-ri-w1TzkhWpSx.jpg Presiden Jokowi pakai Dolomani Baju Adat Buton (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Jokowi tampil gagah mengenakan baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Pakaian tersebut memiliki nama yaitu Dolomani.

Apa yang dikenakan Presiden Jokowi tidak pernah tanpa makna. Begitu juga dengan baju adat Buton HUT Ke-77 RI 17 Agustus 2022 ini. Ada arti mendalam di balik pakaian berwarna merah dengan motif silver tersebut.

Jokowi Baju Adat Buton

Menurut beberapa sumber, pakaian Dolomani tersebut adalah salah satu pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi di Kesultanan Buton.

BACA JUGA : Potret Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Buton di Upacara Kemerdekaan HUT Ke-77 RI

Dolomani sendiri adalah pakaian yang cukup sering dikenakan oleh Sultan Buton ke-35 yaitu Sultan Muhamad Ali.

Jokowi Baju Adat Buton

Filosofi di balik pakaian tersebut ada di banyak unsur, salah satunya di sulaman handmade bermotif bunga rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin.

BACA JUGA : Iriana Jokowi Tampil Memukau dengan Mahkota Besar di HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Motif tersebut bermula dari bawah ke atas yang artinya seorang pemimpin, lalu dari atas ke bawah yang menandakan kesederhanaan dan peduli akan rakyatnya.

Ada juga ornamen tumbuhan dengan buah yang manis, tapi gatal. Itu menggambarkan bahwa seorang sultan harus waspada terhadap bahaya yang mengancam daerahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini