Share

12 Manfaat Jus Buah Naga Merah, Gak Cuma untuk Kesehatan Tubuh

Vivin Lizetha, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 298 2650270 12-manfaat-jus-buah-naga-merah-gak-cuma-untuk-kesehatan-tubuh-0Yk9FIiZnJ.jpg 12 Manfaat Jus Buah Naga Merah (Foto: Timesofindia)

12 MANFAAT jus buah naga merah akan dibahas dalam artikel ini. Buah naga atau yang dikenal sebagai pitahaya adalah buah yang berasal dari daerah tropis. Buah ini identik dengan kulitnya yang cerah dan daging buah berbintik-bintik.

Buah naga dahulu berasal dari Amerika. Namun saat ini sudah banyak negara di Asia khususnya daerah tropis yang membudidayakan. Di Indonesia sendiri banyak kelompok petani yang melakukan budidaya buah naga mulai dari Sabang hingga Merauke. Bahkan di Bogor, Jawa Barat, sudah ada varietas baru buah naga yaitu buah naga berwarna kuning.

Rasanya yang manis membuat buah berbentuk unik ini disukai pecinta buah. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah naga juga enak diolah menjadi jus.

Jus buah naga sendiri memiliki manfaat yang super. Ini yang membuat buah naga populer di kalangan pegiat kesehatan. Okezone merangkum manfaat apa saja yang diberikan buah naga untuk Anda.

1. Memiliki nutrisi yang tinggi

12 Manfaat Jus Buah Naga Merah

(12 Manfaat Jus Buah Naga Merah, Foto: Timesofindia)

Komponen yang terkandung dalam buah naga sangat komplit. Mulai dari protein, karbohidrat, serat, zat besi hingga vitamin E. Kalori yang terdapat dalam buah naga juga sangat rendah. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang melakukan diet.

Selain nutrisi penting, buah naga memasok senyawa tanaman yang bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.

BACA JUGA : Apakah Buah Naga Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

2. Membantu melawan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan. Antioksidan bekerja menetralkan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan.

Dikutip dari Healthhilne, diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

3. Kaya akan serat

Buah naga memiliki 7 gram serat dalam setiap buahnya. Ini adalah jumlah yang besar untuk satu sumber makanan. Tubuh manusia rata-rat membutuhkan 25-38 serat dalam sehari. Mengkonsumsi buah naga sama dengan mencukupi hampir seperempat kebutuhan serat dalam tubuh.

BACA JUGA : Jumlah Kalori Buah Naga Merah dan Cara Tepat Mengonsumsinya

4. Membuat usus lebih sehat

Buah naga mengandung prebiotik sehingga dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan

6. Meningkatkan zat besi

Buah naga adalah satu makanan yang memiliki zat besi tinggi. Zat besi berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ia juga bertugas memecah makanan menjadi energi.

7. Sumber magnesium yang baik

Kandungan magnesium dalam buah naga adalah yang terbaik dibandingkan buah-buah lainnya. Dikutip dari Healthline, 1 buah naga dapat melengkapi 18 persen magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Magnesium sangat berguna untuk tulang. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

8. Membuat kulit sehat

12 Manfaat Jus Buah Naga Merah

(12 Manfaat Jus Buah Naga Merah, Foto: Timesofindia)

Vitamin C dan mineral yang terkandung di dalam buah naga adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Selain dapat membuat kulit lebih cerah, juga dapat memperbaiki kulit yang rusah serta menjaga elastisitasnya.

9. Mencegah penuaan dini

Buah naga memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Zat ini dapat menahan enzim yang merusak kolagen dan asam hialuronat dalam kulit sehingga mencegah penuaan dini terjadi.

10. Membuat kulit lebih kenyal dan lembap

Vitamin C, E, dan B3 adalah mineral yang terkandung di dalam buah naga. Semua mineral itu dapat membantu menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit. Selain dikonsumsi, buah naga juga dapat digunakan sebagai masker untuk kulit.

11. Mencegah anemia

Penyakit anemia disebabkan rendahnya kadar nesi dalam darah. Buah naga kaya akan vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh. Dengan demikian, mengkonsumsi buah naga dalam sehari diyakini dapat melawan sakit anemia.

12. Disarankan untuk ibu hamil

Selain karena dapat mencegah anemia yang sering menyerang ibu hamil, buah naga juga dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh. Kalim, kalsium, dan magnesium yang terkandung di dalam buah naga juga bagus untuk pembentukan tulang dan kesehatan otak janin.

Buah naga juga mengandung antioksidan yang membuat daya tahan tubuh ibu hamil lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini