Share

4 Cara Hilangkan Ketombe dengan Bahan Alami ala Rumahan

Kevi Laras, MNC Portal · Jum'at 19 Agustus 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 611 2650299 4-cara-hilangkan-ketombe-dengan-bahan-alami-ala-rumahan-rVeDwfQNOP.jpg Ketombe buat kulit kepala gatal (Foto: Timesofindia)

KETOMBE menjadi salah satu masalah rambut yang menyebalkan, tidak hanya perempuan tetapi juga bagi pria. Salah satu penyebab ketombe adalah rambut berminyak. 

Ketombe dapat tak hanya menyebabkan kerusakan, tetapi juga rambut atau kulit kepala menjadi gatal. Lantas bagaimana cara menghilangkannya?. Berikut cara menghilangkan ketombe dirangkum dari berbagai sumber, antara lain;

1. Gel lidah buaya, lemon, dan madu

Lidah Buaya

Bahan alami seperti gel lidah buaya biasa digunakan untuk mengobati gejala peradangan kulit seperti bersisik, gatal, dan kering, yang merupakan gejala ketombe.

"Cairan kental di daun tanaman lidah buaya dapat meredakan ketombe", kata dokter kulit New York Michele Green, MD, dilansir WebMD Jumat (19/8/2022).

Cara Penggunaan:

- Cukup ekstrak gel dari daun lidah buaya yang baru dipotong, pijat dengan lembut di kulit kepala Anda, dan oleskan ke seluruh rambut. Biarkan mengering lalu bilas.

-Bisa menggabungkan gel lidah buaya dan madu, dengan campurkan 4 sendok makan gel lidah buaya. Dengan 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan jus lemon untuk membentuk pasta.

2. Masker rambut bawang bombay dan lemon

Bahan alami satu ini, dinilai mampu menghilangkan ketombe. Hal itu dari ekstrak bawang yang berbahan dasar air, mengandung bahan kimia organik.

Selain itu, juga mengandung saponin atau seposida yang memiliki sifat fungisida. Dapat membantu membunuh ragi penyebab ketombe di kulit kepala.

BACA JUGA : Beautypedia, Ini 5 Penyebab Utama Munculnya Ketombe di Kepala

3. Minyak zaitun

Bahan alami yang juga bisa untuk menghilangkan serpihan ketombe untuk sementara. Dengan oleskan sedikit minyak zaitun ke bagian yang bersisik, lalu gunakan sisir atau sikat di area tersebut setelah satu jam. Jangan berlebihan, atau Anda akan menghadapi rambut berminyak.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

4. Minyak kelapa

Minyak Kelapa

Mimba memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi, (2) keduanya dapat membantu dalam pengobatan ketombe. Bila dipadukan dengan minyak kelapa bisa mengurangi rasa gatal dan kemerahan yang disebabkan ketombe.

Cara Penggunaan:

-Dapat menyiapkan masker rambut berbahan dasar mimba dengan menggiling 10–20 lembar daun mimba ditambah minyak kelapa. Hingga membentuk pasta kental yang bisa mengganti minyak kelapa dengan pacar dan air. Masker rambut yang sangat baik selama bulan-bulan musim panas.

-Juga bisa menyiapkan bilas rambut dengan merebus beberapa daun mimba selama 10-15 menit, lalu menyaring cairannya ke dalam wadah. Biarkan dingin dan gunakan untuk mencuci rambut beberapa kali setelah keramas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini