Share

Viral Atlet Pencak Silat Non Muslim Pakai Hijab di Pertandingan, Alasannya Mengejutkan!

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 612 2649932 viral-atlet-pencak-silat-non-muslim-pakai-hijab-di-pertandingan-alasannya-mengejutkan-Qhv8HHdINK.JPG Merrywati Manuil, (Foto: Facebook @merrywatimanuil)

RAMAI beredar di media sosial kabar seorang atlet pencak silat non Muslim asal Malaysia mengenakan hijab saat bertanding. Banyak diperbincangkan, sang atlet pun diketahui akhirnya angkat suara lewat akun Facebook pribadinya.

Atlet pencak silat non Muslim tersebut diketahui bernama Merrywati Manuil. Ia menjelaskan bahwa keputusannya mengenakan hijab saat tanding tak lain karena alasan menghargai budaya pencak silat itu sendiri.

"Banyak yang bertanya kenapa saya pakai tudung (hijab) walaupun saya Kristian," tulis Merry di awal klarifikasinya, dikutip MNC Portal, Kamis (18/8/2022).

Ia menerangkan bahwa silat atau pencak silat adalah warisan orang-orang Melayu dan karena itu, dirinya merasa perlu menghormati, mengagumi, dan mencintai warisan tersebut.

"Walaupun tidak diwajibkan untuk memakai hijab, tetapi saya lebih memilih untuk memakai hijab ketika pertandingan," paparnya.

(Foto: Facebook Merrywari Manuil)

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Merry juga menjelaskan bahwa hijab bukan saja wajib bagi perempuan Melayu untuk menutup aurat, tapi baginya hijab dipakai juga tampak lebih sopan, rapi, dan beradab saat pertandingan.

Dia pun menekankan bahwa keputusannya untuk mengenakan hijab saat tanding tidak dipaksa oleh siapapun karena itu berdasarkan keinginannya sendiri.

"Tiada paksaan dari mana-mana pihak. Saya belajar ilmu orang Melayu (pencak silat), jadi sudah tentu saya mengikuti dan melakukan apa yang saya pelajari," katanya.

"Semoga persoalan hijab ini terjawab," sambung Merry berharap agar keputusannya pakai hijab saat tanding kini sudah jelas dan tak lagi ramai dibicarakan.

Klarifikasi Merry soalan hijab ini pun mendapat sorotan netizen Malaysia. Kebanyakan dari mereka menghargai keputusan Merry untuk pakai hijab.

"Tahniah! Proud sabahan Malaysia," kata Jo Hann Chin.

"God bless you, sister," kata Ferdinan Samuel Karmani.

"Salah, hijab itu bukan kewajiban perempuan Melayu, tetapi perempuan Muslim. Melayu hanya bangsa, tapi Islam untuk semua," komen Ahmad Albab.

"Satu kata, cantik kalau pakai hijab. Salam dari Kota Daeng Makassar, Indonesia," ungkap Syaf Abbas Daeng Tappa.

"Kamu cantik saat pakai hijab, sweet lagi," goda Bazzoka Penaka.

 BACA JUGA:Viral Video Tentara Bagi-bagi Minum Gratis ke Pengamen, Netizen: Bukan Golongan Halo Dek Nih

BACA JUGA:Viral! Tukang Becak Lemas hingga Sulit Berdiri Nangis saat Diberi Makan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini