Share

5 Jenis Tepung dan Nilai Gizinya, Jangan Salah Campur Adonan

Novie Fauziah, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 298 2650597 5-jenis-tepung-dan-nilai-gizinya-jangan-salah-campur-adonan-RS8J5KHA4T.jpg Jenis-jenis tepung (Foto: Timesofindia)

TEPUNG menjadi salah satu bahan utama dalam membuat beberapa jenis masakkan, seperti kue, roti hingga gorengan. Fungsi dari bahan ini adalah agar adonan menjadi lebih padat, dan mudah dibentuk.

Tapi tahukah Anda, bahwa ada banyak jenis tepung. Masing-masing memiliki manfaat cukup berbeda, bahkan teksturnya pun tidak sama. Tak semua tepung bisa Anda gunakan sembarangan.

Dilansir dari laman Country Living, berikut ini lima jenis tepung yang bisa Anda bedakan untuk membuat makanan yang ingin diolah.

1. Tepung Serbaguna

Tepung Serbaguna

Tepung serbaguna bisa jadi andalan bahan memasak Anda. Terbuat dari campuran varietas gandum, baik yang lunak maupun kasar. Jenis tepung ini memiliki kandungan protein yang cukup, yaitu sekitar 10 hingga 12 persen.

Anda bisa membuat pancake, biskuit, cookies, roti hingga kulit pie dengan menggunakan tepung serbaguna ini. Selain itu untuk menemukannya pun cukup mudah, karena banyak dijual di pasaran.

2. Tepung Kue

Selanjutnya adalah tepung kue, di mana dikhususkan untuk membuat aneka kue. Di dalamnya memiliki kandungan protein yang cukup rendah, dari semua jenis tepung. Terdapat gluten di dalamnya, sehingga dapat membuat adonan jadi lebih lembut.

Tepung kue juga menyerap banyak cairan dan gula, sehingga teksturnya tak hanya lembut, tapi juga pluffy. Anda bisa menggunakan tepung ini untuk membuat muffin dan biskuit. 

BACA JUGA : Beda Tepung Tapioka dan Tepung Maizena, Apa Saja?

3. Tepung Roti

Tekstur tepung roti agak sedikit kasar, karena terbuat dari gandum yang digiling. Di dalamnya terdapat kandungan protein tinggi pada 12 hingga 14 persen.

Seperti namanya, tepung ini diperuntukkan membuat roti. Sehingga nantinya adonan akan mengembang, dan teksturnya jadi lebih pas.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

4. Tepung Bebas Gluten

Tepung Bebas Gluten

Tepung bebas gluten dapat dibuat dari semua jenis bahan dasar, seperti beras, jagung, kentang, tapioka, soba, quinoa, sorgum, atau kacang-kacangan.

Selain itu, gum xanthan terkadang dicampurkan ke dalam tepung bebas gluten untuk membuat tingkat kekenyalan lebih sempurna.

5. Tepung Kanji atau Tapioka

Kemudian ada tepung kanji atau disebut juga tapioka. Jenis tepung ini teksturnya lebih halus, dan agak sedikit kesat. Biasanya digunakan untuk membuat cireng, cilok, hingga pengental kuah pada masakkan.

Tepung ini mengandung Pati resisten, yakni mudah dicerna oleh tubuh sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini