Share

5 Cara Menyimpan Alpukat, Jadi Tetap Segar dan Tahan Lama!

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Senin 22 Agustus 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 21 298 2651552 5-cara-menyimpan-alpukat-jadi-tetap-segar-dan-tahan-lama-ZJz004jOJH.jpg Cara menyimpan alpukat (Foto: DIYS)

CARA menyimpan alpukat dengan benar perlu kamu ketahui agar tetap segar dan bertahan lama. Alpukat memang menjadi salah satu buah lezat yang memiliki banyak penggemar.

Namun jika cara menyimpannya tidak tepat, warna daging alpukat bisa segera berubah menjadi coklat. Terlebih kalau alpukat itu sudah dibelah. Nah, berikut cara menyimpan alpukat dengan benar, sebagaimana dikutip dari Eating Well, Senin (22/8/2022).

1. Biarkan menempel pada kulit

Alpukat

Jika Anda belum menyendok daging alpukat, biarkan mereka tetap menempel pada kulit. Kulit pada alpukat akan menghalangi oksigen berproses dalam daging sehingga membuatnya berubah menjadi coklat. Cukup letakkan plastik biasa, atau plastik wrap supaya lebih baik di atas daging yang terbuka lalu simpan ke dalam lemari es. Daging ini akan memiliki warna yang sama setidaknya dalam dua hari ke depan.

2. Simpan dengan bawang

Anda bisa memasukkan setengah buah alpukat ke dalam wadah kedap udara dengan menambahkan irisan bawang bombay. Asap pada bawang akan memperlambat proses pencoklatan. Alpukat Anda akan tetap hijau setidaknya selama dua hari, tetapi mungkin menyerap rasa bawang. Jadi, Anda bisa pertimbangkan terlebih dahulu cara yang satu ini, ya.

3. Letakkan di dalam wadah

Jika Anda sudah menyendok daging alpukat, tidak apa-apa, Anda masih bisa menyimpannya ke dalam sebuah wadah. Kemudian, alih-alih menutupi wadah dengan penutup, letakkan selembar bungkus plastik langsung di atas alpukat dan pastikan tidak ada gelembung udara. Lalu, lakukan cara yang pertama, simpan di kulkas atau lemari es. Alpukat Anda akan tetap hijau setidaknya selama dua hari di lemari es. Untuk memperlambat proses lebih lanjut, Anda dapat menambahkan asam seperti lemon atau air jeruk nipis.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Mengasinkan

Jika beberapa cara di atas hanya bisa menahan warna hijau sempurna pada alpukat selama dua hari, dengan mengasinkan alpukat Anda bisa memiliki alpukat berwarna cantik dalam jangka waktu yang lebih lama. Asinan dengan irisan acar alpukat bisa menjadi camilan yang enak. Selain itu, bisa juga untuk topping sandwich.

5. Cara menyimpan alpukat utuh

Membiarkan alpukat utuh dalam suhu kamar akan membuatnya perlahan matang, apalagi jika Anda membiarkannya di dalam kantong belanja. Ini akan menjebak gas etilen alami pada alpukat dan membuatnya benar-benar cepat matang.

Cara menyimpan alpukat utuh yang benar adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Pendinginan akan memperlambat proses pematangan, terlebih jika Anda menyimpan alpukat terpisah dari buah dan sayuran lainnya. Cara ini bisa membuat alpukat tetap dalam kondisi baik selama dua minggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini