Share

6 Makanan Penambah Darah yang Wajib Dikonsumsi untuk Cegah Anemia

Gita Chaerani, Okezone · Senin 22 Agustus 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 298 2652174 6-makanan-penambah-darah-yang-wajib-dikonsumsi-untuk-cegah-anemia-2ZrHq4y7Jg.jpeg Bayam makanan penambah darah (Foto: Cookpad)

APA itu anemia? Anemia merupakan kondisi ketika tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah yang sehat atau sel darah tidak berfungsi dengan baik. Dalam kasus anemia, zat besi merupakan salah satu zat yang diperlukan untuk tubuh karena membantu memproduksi hemoglobin.

Karena hemoglobin berperan membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh yang membuat darah menjadi merah. Maka dari itu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi sangat baik untuk mencegah anemia.

Apa saja makanannya? Berikut 6 makanan penambah darah untuk cegah anemia yang dirangkum dari Singlecare, Senin (22/8/2022).

1. Daging merah

daging merah

Saat mengonsumsi daging merah dalam satu porsi 100 gr ternyata mengandung 2,47 mg zat besi atau setara dengan 15% dari nilai harian yang direkomendasikan. Namun, saat mengonsumsi daging merah juga lebih baik dibarengi dengan sayuran hijau agar seimbang.

BACA JUGA : Makanan untuk Panderita Anemia, Banyak Jenisnya Kok

2. Jeroan

Makanan seperti jeroan ternyata memiliki jumlah zat besi yang cukup banyak. Seperti pada 100 gr hati goreng memiliki jumlah zat besi yang lebih besar dari daging merah yaitu 6,12 mg atau setara dengan sepertiga dari asupan harian.

BACA JUGA : Ini Dia 5 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin Tubuh

3. Aneka olahan laut

Jika sangat menyukai ikan terutama kerang, selamat anda beruntung! Sebab bukan hanya rasanya yang enak, tetapi kerang merupakan sumber yang kaya akan zat besi. Jenis kerang tiram dan remis ternyata mengandung zat besi tertinggi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Bayam

Bayam


Salah satu sayuran hijau yang tinggi zat besi adalah bayam. Pada bayam sebanyak 100 gr, ternyata mengandung 2,71 mg zat besi. Seperti pada sayuran lainnya, 100 gr bayam kedengaran banyak namun sayur ini akan layu dan berubah menjadi setengahnya karena dimasak.

5. Kacang-kacangan

Tak hanya ramah dikantong, tetapi mengonsumsi kacang-kacangan seperti buncis dapat memberikan sumber zat besi yang tinngi dari bahan makanan nonhewani.

6. Tahu

Makanan ini sepertinya sudah sering anda konsumsi sehari-hari. Tanpa anda sadari mengonsumsi tahu dapat menambah asupan zat besi untuk tubuh, sebanyak 100 gr tahu terdapat 1,69 mg zat besi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini