Share

5 Alternatif Menu Makan Malam Selain Nasi, Sehat dan Mudah Dibuat di Rumah

Kevi Laras, MNC Portal · Selasa 23 Agustus 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 298 2652330 5-alternatif-menu-makan-malam-selain-nasi-sehat-dan-mudah-dibuat-di-rumah-arpfkSuJFF.JPG salad buah, (Foto: Freepik)

NASI memang jadi makanan staple alias wajib dari masyarakat Indonesia. Membuat pada umumnya masyarakat Indonesia, tidak lepas dengan nasi.

Padahal, tak melulu harus nasi, ternyata ada berbagai pilihan alternatif menu makanan salah satunya untuk makan malam yang bisa dicoba bersama keluarga.

Selain sehat, 5 menu makan malam gizi seimbang yang cocok dikonsumsi sendiri atau bersama keluarga ini juga relatif mudah dibuat di rumah. Berikut ulasannya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022).

1. Sayur: Salah satu menu makan malam yang sehat bisa dibarengi dengan nasi secukupnya dan bersama keluarga. Umumnya bisa sop ayam atau bayam, bisa juga sayur segar hanya dikukus atau direbus. Kombinasi apa pun dari wortel mentah, kuntum brokoli, irisan mentimun, seledri, zucchini, paprika, dan tomat anggur akan membantu meredakan perut yang kelaparan. Rendah kalori pula!

2. Smoothies: Menu sarat protein sebelum tidur yang dapat mendukung perbaikan otot, dan juga membantu memperlambat kehilangan massa otot karena usia, terutama bagi orang-orang yang gemar berolahraga secara rutin. Smoothies adalah cara mudah dan enak untuk menyelipkan susu kaya protein sebelum tidur. Misalnya, campurkan 8 ons (240 ml) susu rendah lemak dengan 2/3 cangkir (110 gram) nanas beku untuk camilan tropis dengan hanya sekitar 160 kalori. Mengutip Healthline, smoothie berbahan dasar susu, jadi asupan protein untuk perbaikan otot dan triptofan, yang digunakan untuk membuat bahan kimia otak yang meningkatkan tidur.

(Smoothies buah, Foto: Freepik)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Sandwich: Makan malam dengan mengonsumsi sandwich sudah cukup loh! Dua roti gandum dengan protein tanpa lemak seperti dada ayam, yang di tambahkan sepotong tomat, selada, dan sedikit mayo atau mustard. Kombinasi protein dan karbohidrat kompleks yang enak dan bisa mengenyangkan.

4. Nasi goreng wijen dan tahu: Nasi goreng yang diubah menjadi nasi panggang jauh lebih sehat jadi makan malam. Ditambah tahu yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan metabolisme lemak, kesehatan jantung, dan kontrol gula darah. Per porsinya, disebutkan hanya mengandung sekitar 453 kalori.

5. Salad buah: Makan malam yang mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi, juga cocok disantap oleh anak-anak hingga orang dewasa. Faktanya, buah-buahan memang bisa menurunkan berat badan, serta menurunkan risiko penyakit diabetes, kanker, hingga tekanan darah tinggi.

 BACA JUGA:Menu A La Carte yang Unik dan Lezat dari Chef Jethro

BACA JUGA:Mau Makan Kenyang meski Diet? Cobain Pizza Oatmeal Kentang, Intip Resepnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini