Share

10 Teh Herbal yang Baik untuk Kesehatan

Tim Okezone, Okezone · Selasa 23 Agustus 2022 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 298 2652850 10-teh-herbal-yang-baik-untuk-kesehatan-FxXL9TXDox.jpg Ilustrasi Teh Herbal. (Foto: Shutterstock)

TEH herbal memang telah menjadi minuman kesehatan yang terkenal sejak berabad-abad yang lalu. Tapi ada fakta menarik soal teh herbal yang banyak dikonsumsi orang.

Teh herbal sesungguhnya bukanlah teh asli yang termasuk golongan teh hijau, hitam, dan oolong, yang diseduh dari daun tanaman Camellia sinensis. Teh herbal terbuat dari berbagai buah, bunga, rempah dan bumbu yang dikeringkan, sehingga rasanya amat variatif dan sangat menggoda untuk menjadi alternatif akan berbagai minuman yang mengandung banyak gula, juga air putih.

Selain dari rasa yang menggiurkan, beberapa teh herbal juga diklaim memberi manfaat kesehatan, yang juga ditelaah oleh ilmu sains modern untuk menyokong bukti kegunaan teh herbal. Berikut adalah beberapa manfaat teh herbal yang patut anda coba.

Teh kamomil

Teh ini dikenal dengan efeknya yang menenangkan dan sering digunakan untuk membantu tidur. Dalam suatu studi yang melibatkan 80 perempuan paska melahirkan yang mengalami masalah tidur, mengonsumsi teh kamomil selama 2 minggu mampu memperbaiki kualitas tidur mereka serta mengurangi gejala depresinya. Kamomil juga memiliki manfaat antibakteri, antiradang juga efek pelindung terhadap organ hati.

Teh Herbal

Teh peppermint

Teh peppermint merupakan salah satu teh herbal yang paling sering dinikmati. Kandungannya dipecaya dapat menjaga kesehatan pencernaan, serta memiliki manfaat antioksidan, antikanker, antibakteri dan antivirus.

Peppermint juga seringkali digunakan untuk meredakan masalah pencernaan, mual, serta nyeri perut. Ketika anda merasa ketidaknyamanan pada sistem pencernaan akibat kram atau mual, cobalah konsumsi teh peppermint.

Teh jahe

Jahe dikenal memiliki manfaat antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit, peradangan, serta merangsang sistem daya tahan tubuh dan diketahui efektif mengurangi mual. Seringkali jahe digunakan untuk mengurangi mual di trimester pertama kehamilan, juga untuk pengidap kanker yang sedang menjalani kemoterapi, juga pada mabuk darat.

Dismenorrhea atau nyeri saat menstruasi juga telah diketahui dapat berkurang dengan jahe, jadi cobalah teh jahe sebelum atau saat beberapa hari pertama anda sedang menstruasi

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Teh lemon balm

Rasa lemon yang ringan pada teh ini memiliki berbagai manfaat selain rasanya yang menggugah. Pada suatu studi kecil yang melibatkan 28 orang yang mengonsumsi teh lemon balm dan grup lain yang mengonsumsi teh barley selama 6 minggu, ternyata grup yang meminum teh lemon balm secara rutin mengalami perbaikan pada kelenturan pembuluh darah arteri.

Hal ini menguntungkan, karena arteri yang kaku merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung, stroke, serta penurunan kondisi mental. Ekstrak lemon balm juga terbukti memperbaiki rasa tenang serta daya ingat.

Teh passionflower

Teh ini dibuat dari daun, tangkai, serta bunga tumbuhan passionflower yang dipercaya dapat meredakan kecemasan dan memperbaiki tidur, yang ternyata sudah mulai diteliti. Ditemukan bahwa mengonsumsinya selama 1 minggu mampu memperbaiki kualitas tidur. Suatu studi juga menemukan bahwa passionflower sama efektifnya dengan obat pereda kecemasan. Anda dapat mencobanya untuk mengurangi kecemasan dan memberi rasa ketenangan.

Teh hibiskus

Teh ini terbuat dari bunga tumbuhan hibiskus yang berwarna pink-kemerahan dan memiliki rasa asam yang meyegarkan, yang dapat diolah menjadi teh hangat maupun dingin. Selain dari rasa dan warnanya yang unik, teh hibiskus memiliki manfaat yang positif seperti menurunkan tekanan darah tinggi, meski tidak dapat menggantikan obat.

Hindari teh ini apabila anda mengonsumsi obat diuretik hidroklorotiazid, karena keduanya dapat berinteraksi dan menimbulkan efek samping. Teh hibiskus juga dapat memperpendek efek aspirin, jadi apabila anda sedang mengonsumsi salah satu, beri jarak antara keduanya selama 3-4 jam.

Teh echinacea

Teh echinacea terkenal akan kemampuannya dalam mencegah dan memperpendek masa mengalami pilek. Bukti menunjukkan bahwa echinacea dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh yang akan membantu menyerang berbagai virus dan infeksi. Untuk meredakan nyeri tenggorokan atau hidung yang mampet, anda dapat mencoba teh ini ketika merasa seperti akan pilek.

Teh rooibos

Rooibos merupakan teh herbal yang berasal dari Afrika Selatan, yang terbuat dari daun rooibos atau tumbuhan semak merah. Suatu studi menemukan bahwa teh rooibos mencegah enzim yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang mirip efeknya dengan obat penurun tekanan darah.

Studi lain menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gelas teh rooibos dalam sehari selama 6 minggu dapat mengurangi kolesterol jahat atau LDL, serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Teh sage

Pada dewasa sehat, teh sage terbukti memperbaiki suasana hati atau mood, fungsi mental seseorang serta memori. Terdapat studi yang masih berjalan dan bisa lebih dikembangkan terkait manfaat teh sage untuk otak, terutama fungsi berpikir, memori, serta kesehatan pencernaan.

Teh rose hip

Teh ini terbuat dari buah tumbuhan mawar, yang kaya vitamin C dan berbagai komponen tumbuhan mawar ketika dikombinasikan dengan beberapa lemak pada rose hip, menghasilkan kandungan antiradang.

Beberapa studi telah melihat kemampuan bubuk rose hip dalam mengurangi radang pada individu dengan rheumatoid arthritis serta osteoarthritis. Rose hip juga terbukti menurunkan indek massa tubuh dan lemak perut ketika digunakan untuk manajemen berat badan selama 12 minggu pada populasi dengan berat badan berlebih.

Teh herbal tersedia dalam berbagai rasa dan aroma menggiurkan, dan secara alami bebas gula dan kalori. Berbagai teh herbal untuk kesehatan sudah ditelaah secara sains modern dan terbukti bermanfaat. Cobalah berbagai variasi teh herbal dan rasakan manfaatnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini