Share

Tips Masak Daging Sapi Australia untuk Menu Krengsengan ala Chef Wita MasterChef Indonesia

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 23 Agustus 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 298 2652877 tips-masak-daging-sapi-australia-untuk-menu-krengsengan-ala-chef-wita-masterchef-indonesia-xDy86bwJt6.JPG Chef Wita MasterChef Indonesia, (Foto: MPI/ Sukardi)

MENGOLAH daging sapi Australia bukan perkara sulit, apalagi jika kualitas dagingnya premium seperti yang ditawarkan True Aussie Beef by Meat and Livestock Australia (MLA).

Pasalnya, daging sapi jika berkualitas premium memang tidak butuh waktu lama sampai akhirnya daging empuk namun tetap juicy dan sekaligus kaya rasa.

Tapi, apakah jika menggunakan daging sapi Australia untuk memasak menu masakan Nusantara seperti contohnya krengsengan khas Jawa Timur perlu penanganan khusus?

Dijelaskan Chef Wita Wulandari, untuk menu krengsengan, daging sapi Australia memang perlu sedikit 'treatment' sehingga rasanya bisa lebih maknyus yakni dengan proses marinasi.

"Kalau aku pribadi akan marinasi dagingnya dulu dengan kecap dan sedikit garam. Ya, kurang lebih lima menit cukup," ungkap Chef Wita saat ditemui MNC Portal dalam acara Aussie Meat Battle di AEON Supermarket BSD, Tangerang, Selasa (23/8/2022).

Chef Wita yang merupakan jebolan MasterChef Indonesia season 8 tersebut melanjutkan, agar bumbunya meresap ke daging, daging boleh dipotong-potong bentuk dadu. Bukan hanya sebagai cara agar bumbu meresap, daging perlu dipotong juga karena menu krengsengan identik dengan daging berpotongan dadu.

 

(Chef Wita, Foto: MPI/Sukardi)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain perlu marinasi, tips agar daging sapi Australia kualitas premium enak dimakan di menu krengsengan khas Jawa Timur adalah pengolahannya tidak memerlukan waktu yang lama.

Berdasar resep Chef Wita, dia membutuhkan waktu hanya 7 menit untuk mengolah daging sapi di bumbu krengsengan yang sedang dipanaskan di atas wajan.

"Jadi, setelah bumbu dirasa sudah matang dan agak menyusut untuk mendapatkan tekstur agak kental, baru kemudian masukkan dagingnya ke dalam wajan. Aduk merata, dan diamkan selama kurang lebih tujuh menit," papar Chef Wita.

"Waktu yang tidak panjang itu memastikan daging tetap juicy tapi bumbu telah meresap. Kalau masukkan daging sejak awal, nanti dagingnya punya tekstur yang kurang juicy," pungkasnya singkat.

So, itu dia tips olah daging sapi Australia kualitas premium untuk menu krengsengan Jawa Timur. Menarik bukan untuk dicoba di rumah?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini