Share

Awas! 6 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Memicu Migrain

Gita Chaerani, Okezone · Rabu 24 Agustus 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 298 2653495 awas-6-makanan-enak-ini-ternyata-bisa-memicu-migrain-CEe7dpji9j.jpg Makanan pemicu migrain (Foto: Healthline)

MIGRAIN adalah sakit kepala yang terasa dibagian salah satu sisi kepala saja. Banyak hal yang dapat memicu sakit migrain, termasuk apa yang kita konsumsi.

Menurut Migraine Research Foundation, makanan yang memicu migrain hanya bisa terjadi jika dikombinasikan dengan pemicu lainnya. Memang tidak ada pemicu migrain secara umum, tetapi ada beberapa makanan atau minuman yang dapat memicu pada beberapa orang. Berikut 6 daftar makanan yang dapat memicu migrain, dikutip dari Healthline, Rabu (24/8/2022).

1. Pemanis buatan

Banyak makanan olahan yang mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan memang menjadi alternatif pengganti gula untuk menambah rasa manis. Namun, tahukah bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan migrain? Aspartame khususnya dianggap memicu migrain.

2. Cokelat

Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai pemicu paling umum kedua untuk serangan migrain setelah alcohol. Mereka mengatakan hal itu mempengaruhi sekitar 22% orang yang mengalami migrain.

3. Makanan yang mengandung MSG

Monosodium glutamate atau MSG adalah garam natrium yang secara alami ada dalam tubuh kita. MSG dianggap aman untuk dimakan karena banyak ditemukan dalam makanan. Namun, American Migraine Foundation mencatat bahwa hal itu dapat memicu migrain hingga 10-15%.

BACA JUGA : Ini 5 Pemicu Migrain Kumat, yang Terakhir Sulit Dihindari

4. Daging yang diawetkan

Maksud daging yang diawetkan disini adalah daging ham, deli, hot dog, dan sosis yang mengandung pengawet disebut nitrat. Makanan itu dapat melepaskan oksida nitrat ke dalam darah yang diduga melebarkan pembuluh darah di otak.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Makanan beku

Makanan atau minuman beku seperti es krim dapat memicu rasa sakit yang menusuk di kepala. Ada kemungkinan besar akan mengalami sakit kepala hingga migrain jika memakan makanan dingin dengan cepat setelah berolahraga atau saat kepanasan.

6. Makanan asin

Mengonsumsi makanan asin terutama yang mengandung pengawet sangat berbahaya karena dapat memicu migrain. Pada makanan asin terdapat natriun yang dapat meningkatkan tekanan darah, meyebabkan sakit kepala, hingga serangan migrain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini