Share

5 Ikan yang Tak Boleh Dimakan Manusia, Salah Satunya Ikan Hiu

Vivin Lizetha, Okezone · Kamis 25 Agustus 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 298 2654433 5-ikan-yang-tak-boleh-dimakan-manusia-salah-satunya-ikan-hiu-JzRj1GCoa1.jpg Ilustrasi ikan yang tak boleh dimakan manusia (foto: freepic)

IKAN dikenal sebagai salah satu protein yang memberikan manfaat untuk tubuh karena kaya akan Omega-3. Selain itu, rasanya yang enak dan lembut membuat hewan air ini digemari para pecinta kuliner.

Tapi ternyata tidak semua ikan bisa dimakan lho! Ada ikan yang jika dikonsumsi bisa mendatangkan penyakit bahkan menyebabkan kematian. Rata-rata disebabkan kandungan merkuri yang tinggi pada ikan tersebut. Seram, ya?

Berikut Okezone merangkum ikan yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi, dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (25/08/2022).

1. Ikan hiu

 ikan yang berbahaya dikonsumsi

Ikan hiu banyak mengonsumi ikan - ikan kecil yang membuat kandungan merkuri banyak ditemukan di dalam tubuh mereka. Tingginya level merkuri bisa sangat berbahaya ketika dikonsumsi. Bahkan jika memakannya secara regular, Anda bisa terkena kebutaan, hilang keseimbangan, bahkan kematian.

2. Ikan kod

Ikan ini umumnya banyak ditemukan di perairan Alaska dan California. Selama ini ikan tersebut paling banyak dikonsumsi terutama hatinya yang digunakan sebagai minyak ikan. Namun, rupanya ikan ini mengandung merkuri dan menjadi hewan langka. Sehingga Anda wajib berhati-hati dan ikut melestarikan keberadaannya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Swordfish

Swordfish berbahaya untuk dikonsumsi, karena juga memiliki jumlah tertinggi merkuri hadir dalam tubuhnya. Salah satu jenis ikan todak ini berisi sekitar 976 ppm merkuri. Akibatnya, bila dimakan, risikonya dapat merusak sel-sel di otak manusia.

4. Tuna

 ikan yang berbahaya dikonsumsi

Tuna yang dimaksud adalah tuna sirip biru dan tuna mata besar. Tuna jenis ini tidak aman dikonsumsi karena mengandung merkuri tertinggi setelah ikan todak.

5. Orange Roughy

Ikan ini mudah dikenali dengan tubuhnya yang berwarna oranye dan mereka bisa hidup hingga usia 150 tahun. Biasanya ikan bisa ditemukan di air yang sangat dalam. Dagingnya memang lezat hanya saja kandungan merkuri berbahaya banyak ditemukan di dagingnya. Ikan ini juga tidak kaya dengan omega-3 jadi lebih baik tidak usah dikonsumsi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini