Share

Live Podcast Jero Semedi: Korban Penculikan Kalong Wewe

Tim Okezone, Okezone · Kamis 25 Agustus 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 612 2654516 live-podcast-jero-semedi-korban-penculikan-kalong-wewe-3hQpPUEl0P.jpg Live Podcast Jero Semedi, (Foto: RCTI+)

SEBAGIAN besar masyarakat Indonesia, apalagi para generasi 90-an, familiar mendengar Wewe Gombel atau yang disebut Kalong Wewe di kisah-kisah jaman dahulu.

Wewe Gombel merupakan istilah dalam tradisi Jawa yang memiliki arti roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak namun tidak untuk mencelakainya. Konon anak yang diculik biasanya adalah anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan orang tuanya loh!

Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar.

Bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.Menurut cerita, mitos Wewe Gombel dipercayai digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar mereka tidak berkeliaran di waktu malam hari. Sebab pada masa lalu, keadaan gelap gulita amat berbahaya karena hewan buas mungkin memasuki kawasan perkampungan dalam kegelapan malam.

Follow Berita Okezone di Google News

Maka dari itu, Wewe Gombel diciptakan untuk menyelamatkan mereka dari ancaman tersebut. Wewe Gombel biasanya digambarkan dengan sosok wanita tua keriput dengan payudara yang terlihat panjang dan menggantung.

Konon Wewe Gombel berasal dari sebuah bukit di kawasan Gombe,  Semarang. Dahulu, banyak orang mati di bukit itu akibat pembantaian pada masa penjajahan Belanda.

Diculik Kolong Wewe memang selalu menjadi perbincangan hangat di banyak daerah dan Jero akan membahasnya di Live Jero Podcast Semedi, Kamis 25 Agustus 2022 Jam 20.00 WIB hanya di Audio+ bagian dari RCTI+. Download RCTI+ di App Store  atau Google Playstore  sekarang juga.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini