Share

Nina Septiana Bawa 5 Koleksi Batik Muslimah ke Front Row Paris 2022

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Jum'at 26 Agustus 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 194 2654902 nina-septiana-bawa-5-koleksi-batik-muslimah-ke-front-row-paris-2022-Pa7fYRX5VF.jpg Hijab Batik Nina Nugroho. (Foto: Nina Nugroho)

DESAINER Nina Septiana bersama Indonesia Fashion Chamber akan hadir dalam event Front Row Paris 2022. Lewat label busananya Nina Nugroho, mereka akan tampil di Bateu Chansonnier Port Debilly Paris dan La Galerie Bourbon, pada tanggal 3-4 September 2022 mendatang.

Dalam kesempatan kali ini Nina Nugroho, yang terkenal dengan koleksi Modest Fashion for Professional yang bernuansa klasik modern ini akan membawakan lima koleksi busana yang dipadankan dengan koleksi Batik Keraton Kanoman dengan tema ‘Caruban’.

Tema Caruban diambil dari nama daerah di Jawa Barat yang kini dikenal sebagai kota Cirebon. Cirebon dan budayanya menjadi sumber inspirasi koleksi Nina Nugroho kali ini. Kata Caruban sendiri berarti campuran. Ini karena daerah Caruban menjadi tempat tinggal masyarakat dari banyak budaya, diantaranya Sunda, Jawa, Arab dan Cina.

Nina Nugroho

“Kota Cirebon yang menjadi bertemunya banyak budaya, diwujudkan dalam pertemuan beberapa motif batik dalam satu busana. Setiap motif batik memiliki makna dan filosofinya masing-masing namun saling menguatkan,” tulis Nina Septiana dalam keterangan tertulisnya.

Koleksi batik Cirebon Nina Nugroho kali ini sarat akan makna dan filosofi yang agung di setiap goresan motif dan ragamnya. Makna dan filosofi ini tentu saja tidak lepas dari rentetan sejarah dan dinamika kebudayaan yang berlangsung di dalamnya.

‘’Sejarah telah mencatat, bahwa perjalanan batik di Cirebon sudah dimulai paling tidak sejak abad ke 15 atau 16. Bahkan sangat mungkin kesenian yang adhiluhung ini sudah dimulai sejak sebelum abad 15. Hal ini bisa kita lihat pada arsitektur mega mendung Kreta Jempana yang ada di Kesultanan Kanoman yang dibuat pada tahun 1350 Saka atau 1428 M,’’ tutur Nina Nugroho mengutip hasil riset yang dilakukannya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Keberadaan motif mega mendung yang ada pada arsitektur Kreta Jempana di Kesultanan Kanoman ini telah mengindikasikan bahwa motif mega mendung sebagai motif batik yang sangat khas di Cirebon terinspirasi dari bentuk arsitektur Kreta Jempana.

“Oleh sebab itu kenapa batik hari ini harus dilestarikan, karena bukan hanya menjaga keindahan motif dan ragamnya melainkan menjaga tata nilai makna dan filosofinya. Itulah mengapa dalam koleksi saya kali ini, saya secara khusus mengangkat batik Cirebon sebagai tema,’’ lanjut Nina Nugroho.

Nina Nugroho

Lima koleksi yang akan dipamerkan Front Row Paris 2022 ini akan menampilkan Batik klasik Cirebon beragam motif dipadukan dengan bahan cotton bridal premium yang menambah kesan elegan namun ringan.

Sebagai informasi, selain melakukan fashion show, Nina Nugroho bersama Indonesia Fashion Chamber dalam event Front Row Paris 2022 juga akan mengadakan pop-up store dan business matching yang di adakan di lokasi yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini